Makassar (ANTARA) - Bupati Jeneponto meresmikan objek wisata religi Kampung Quran Al-Ihsan yang berlokasi di Kampung Tetebatu, Kelurahan Sidenre, Kecamatan Binamu, yang juga sebagai wahana untuk memperdalam pemahaman Kitab Suci Al Qur’an.

Peresmian tersebut dilakukan setelah upacara Hari Santri Nasional yang dihadiri Bupati Jeneponto Ihsan Iskandar, pengurus Dompet Dhuafa (DD) Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Yayasan An Najm di Kabupaten Jeneponto, Sulsel, Jumat.

Kampung Qur’an Al-Ihsan merupakan program yang diinisiasi oleh DD Sulsel berserta Yayasan An-Najm yang di dalamnya mencakup layanan Forum Halaqah Quran untuk dewasa dan anak-anak, Tilawah, Kaligrafi, Dauroh Muajjiw dan Wisata Quran.

Adapun tempat yang dijadikan Kampung Qur’an Al-Ihsan adalah tanah milik Bupati Jeneponto Ihsan Iskandar yang akan dikelola oleh Yayasan An-Najm untuk dijadikan wisata Qur’an.

Bupati Jeneponto mengatakan dengan adanya Kampung Qur’an ini dapat menjadi pesantren yang representatif untuk membangun kecintaan terhadap Alquran. Tidak hanya untuk para santri anak-anak namun juga untuk seluruh kalangan masyarakat.

"Sebagaimana Kampung Qur'an sekaligus merupakan bentuk kontribusi dalam bidang keagamaan menjadikan Jeneponto sebagai wilayah yang syarat akan makna religius, sehingga dapat menjadi destinasi wisata religi," katanya.

Sementara itu, Pimpinan Cabang DD Sulsel Rahmat Hidayat HM mengatakan suasana tempat ini sangat mendukung spirit bagi masyarakat untuk melakukan wisata religi.

"Kami turut bahagia atas antusias masyarakat dengan adanya program akbar dakwah keagamaan yang akan dijalankan di Kampung Qur’an Al-Ihsan dengan lebih 700 santri," katanya.
  Suasana peresminan Kampung Qur'an Al Ihsan, dihadiri Bupati Jeneponto Ihsan Iskandar (kanan) bersama Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Sulsel Rahmat Hidayat HM

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024