Makassar (ANTARA News) - Dua unit prototipe mobil nasional akan tiba di Makassar pada 15 Oktober 2011 untuk diluncurkan dan dipamerkan tepat pada peringatan hari jadi Provinsi Sulsel ke-342 tahun, 19 Oktober 2011.

Asisten III Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Amal Natsir di Makassar, Jumat, mengatakan, kedua mobil tersebut adalah embrio industri mobil nasional yang digagas Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo pada saat menggelar rapat dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beberapa waktu lalu."Kita buktikan Indonesia bisa dan Sulsel bisa," ujarnya di Makassar, Jumat.

Kedua unit tersebut, kata mantan Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan ini adalah bagian dari tahap awal pengadaan mobil nasional sebanyak 50 unit kendaraan dengan anggaran hingga Rp18,2 miliar dan Rp3 miliar diantaranya dianggarkan pada APBD.

Selanjutnya pemerintah pusat akan menetapkannya sebagai program pusat yang rencananya mulai dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada 2012.

Sebelumnya, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengatakan, mobil nasional ini menjadi perwujudan mimpi bahwa Indonesia mampu membangun industri otomotif dan menciptakan mobil murah di bawah Rp50 juta.

Mobil yang disebut "Moko" ini akan dimanfaatkan sebagai sarana pendukung pembangunan di daerah pelosok seperti pada program pendidikan dan kesehatan gratis Pemprov Sulsel dalam bentuk perpustakaan dan puskesmas keliling di daerah-daerah terpencil.

Gagasan membuat mobil ekonomi, didasari pada keprihatinan melihat anak bangsa yang selama ini menjadi konsumen kendaraan buatan Amerika, Eropa, Jepang, Korea, China, bahkan Malaysia karena tidak ada anak bangsa yang berinisiatif dan berani menciptakan teknologi serupa yang terjangkau.

Produksi mobil tersebut merupakan hasil kerja sama dengan Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah yang sudah mengembangkan industri badan mobil difasilitasi Kementerian Perindustrian. (T.KR-RY/S016)

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024