Makassar (ANTARA) - PT Telkomsel kembali menghadirkan The NextDev 2021 guna mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 melalui program validasi dan inkubasi dalam memperkuat startup digital untuk menciptakan perubahan berdampak bagi masyarakat. 

"Sejak 2015, Telkomsel secara konsisten menggelar program The NextDev yang berfokus pada peningkatan potensi startup digital tahap awal untuk menghadirkan perubahan dan dampak sosial bagi masyarakat," kata General Manager DLS and Direct Sales Telkomsel Area Pamasuka Muhammad Asrullah, di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu. 

Melalui The NextDev, kata dia, pihaknya berupaya mengoptimalkan sumber daya dan ekosistem di perusahaan bagi pengembangan startup dengan memberikan edukasi dan dukungan mulai pendampingan mentor berkualitas yang memiliki keahlian, hingga membuka akses serta jejaring yang luas bagi pelaku startup. 

"Tahun ini, skema program lebih komprehensif bagi pelaku startup di tanah air, terutama menjawab berbagai isu dan tantangan sosial pada taraf nasional maupun internasional yang menjadi fokus dalam SDGs 2030," paparnya. 

Telkomsel kali ini telah membuka kesempatan kepada 12 startup digital terbaik pencipta perubahan berdampak di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan lingkungan, untuk menjadi bagian dari The NextDev 2021.

Untuk memperkuat peran tersebut, lanjut dia, The NextDev berupaya membina hubungan dan berkolaborasi dengan startup, investor, pemerintah, swasta, dan berbagai stakeholder lainnya di industri, yang akan mendukung pertumbuhan ekonomi bagi para pelaku startup.

Guna memperkuat dukungan itu, tambah dia, Telkomsel juga menghadirkan The NextDev Hub, yang merupakan platform penunjang bagi rangkaian program inti The NextDev. Database Hub mencakup ribuan startup The NextDev agar dapat mewadahi penjajakan kerjasama dan peluang bagi para startup dan stakeholdernya. 

Tahun 2021 ini, Hub memulai Digitalent Academy yang turut mendukung pertumbuhan ekosistem digital dan pendidikan hingga 20 talenta digital di sejumlah wilayah tertinggal di Indonesia.

“Sebagai bagian dari kontribusi sosial, Telkomsel membuka peluang bagi para smart-digitalpreneur dan masyarakat agar melesat dengan pemanfaatan teknologi digitalnya. The NextDev pun senantiasa mendorong peran perusahaan agar tercipta perubahan berdampak dari para startup melalui dukungan ekosistem yang ada," tambah Asrul. 
 

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Suriani Mappong
Copyright © ANTARA 2024