Makassar (ANTARA) - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menerima kunjungan silaturahmi Duta Besar (Dubes) RI untuk Mesir Lutfi Rauf, di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel di Makassar, Kamis.

"Kami bertemu dengan Pak (Plt) Gubernur untuk bersilaturahim. Saya tentunya berterima kasih, di tengah kesibukan beliau dalam situasi akhir-akhir ini masih bisa meluangkan waktu untuk bersilaturahim dan juga bertukar pikiran," kata Lutfi Rauf yang juga merupakan putra daerah Sulsel asal Kabupaten Soppeng. 

"Saya juga menyampaikan mengenai apa-apa yang saya lakukan di Mesir (sebagai Dubes Indonesia untuk Mesir) selama satu tahun ini," tambah Rauf.

Salah satu perbincangan keduanya mengenai keberadaan pelajar maupun mahasiswa yang sedang mengenyam pendidikan di Mesir. 

"Saya sampaikan Pak (Plt) Gubernur juga punya warga di sana, kita harap nanti ada silaturahmi antara pelajar dan mahasiswa di sana dengan Pak Gubernur secara virtual," ujarnya.

Mereka turut mendiskusikan langkah konkrit atas keberadaan anak-anak asal Sulsel yang menimbah ilmu di Mesir sebagai aset bangsa yang akan kembali untuk membangun Provinsi Sulawesi Selatan, khususnya dalam hal ilmu keagamaan.

Ia juga menyampaikan beberapa komoditas yang banyak diekspor ke Mesir, di antaranya kopi, minyak sawit dan perikanan.

Menurut dia, Sulsel memiliki banyak potensi, baik dalam bidang investasi, perdagangan maupun pariwisata. 

"Ini yang perlu kita dorong ke depan," katanya.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan kehadiran Dubes Indonesia untuk Mesir ini nantinya bisa menjadi peluang untuk ekspor hasil pertanian maupun perikanan dari Sulsel.

"Kita harap nantinya ada peluang-peluang perdagangan. Apalagi kita memiliki banyak potensi yang dapat diekspor. Kita harap, dengan silaturahmi ini nantinya ke depan akan membantu dalam ekspor potensi-potensi dari Sulsel sebagai upaya pemulihan ekonomi masyarakat di tengah pandemi COVID-19 ini," ujarnya.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024