Makassar (ANTARA News) - Peringatan hari jadi  Kabupaten Selayar ke-407  pada 29 November 2011 diharapkan tidak dilaksanakan sekedar acara seremoni saja.

"Kita harap bisa dimaknai secara filosofis. Bukan hanya sekedar seremonial saja," kata inisiator hari jadi Selayar, Ince Langke di Makassar, Sabtu.

Ia mengemukakan, hari jadi hendaknya tidak dimaknai sebagai hari jadi Selayar, tetapi yang diperingati adalah kesadaran ber-Selayar.

"Kita akan ikat dalam kesdaran dan semangat ber-Selayar. Kita harus menelusuri apa yang mengikat kita untuk dorong kemajuan Selayar," ujarnya Ince yang kini duduk sebaga anggota DPRD Sulsel.

Mantan Ketua DPRD Selayar menjelaskan, dasar menetapkan 29 November 1605 sebagai hari jadi Selayar dimana saat ini, masyarakatnya pertama menganut agama Islam.

"Pertama orang Selayar di Islam-kan. Disitu muncul kesadaran beragama dan meninggalkan semua perbedaan," jelasnya.

Selain itu, Ince berharap peringatah hari jadi Selayar dijadikan momen kebangkitan wisata bahari "Ekspedisi Takabonerate" yang akab berubah nama pada 2012 menjadi "Sail Bonerate"

"Pemerintah harus memikirkan transfortasi, kelistrikan, dan memberikan edukasi kepada masyarkat agar sadar wisata," ucap Ince.

Ia juga meminta agar kawasan wisata Takabonerate tidak dibaguni hotel, tetapi cukup "Home Stay" atau rumah masyarakat yang diperbaiki pemerintah untuk disewakan kepada wisatawan. (T.pso-099/M019)

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024