Makassar (ANTARA News) - Tuan rumah PSM Makassar sukses meraih tiga poin pertama setelah mengalahkan Persiba Bantul 2-1 pada kompetisi Indonesia Premier League (IPL) di Stadion Andi Mattalatta Makassar, Sabtu malam.

Dua gol tim Juku Eja-julukan PSM tercipta lewat striker muda M Rahmat masing-masing di menit 52 dan 63. Sementara gol balasan tim tamu dipersembahkan pemain bertahan Edwardo Bizzaro dimenit 36 babak pertama melalui tendangan bebas dari luar kotak penalti.

Pelatih PSM Makassar, Petar Segrt, seusai laga mengatakan, bahwa kemenangan yang diraih timnya atas kerja keras dan sikap pantang menyerah. Poin penuh yang diraih dipertandingan perdana PSM akan dijadikan modal menjamu Persija, Minggu (18/12).

"Kita bersyukur seluruh pemain tetap bermain disiplin meski sempat tertinggal. Mudah-mudahan para pemain bisa lebih termotivasi lagi kedepan,"jelasnya.

Menghadapi Persiba Bantul, PSM Makassar yang mengandalkan sejumlah pemain muda langsung mengambil inisiatif penyerangan. Keputusan tersebut cukup berhasil dengan lahirnya peluang sejak menit pertama.

Gelandang asing PSM David da Rocha yang melepaskan tendangan keras gagal diantisipasi penjaga gawang Persiba Bantul yang dijaga Wahyu Tri Nugroho. Beruntung, tendangan terukur mantan pemain persipura Jayapura tersebut hanya mengenai mistar gawang.

Seakan tak mau kalah, Persiba Bantul yang mengincar poin di Makassar langsung membalas dengan sebuah peluang melalui striker asingnya Emmanuel Cristori. Namun upayanya mencetak gol gagal karena bola juga hanya menimpa mistar gawang PSM.

Setelah lahirnya dua peluang matang dari kedua tim, pertandingan mulai sedikit berjalan lambat. Bahkan hingga menit ke 30, kedua tim nyaris tak memiliki peluang untuk bisa dimanfaatkan menjadi sebuah gol.

Namun saat pertandingan babak pertama seperti akan berakhir tanpa gol, justru tim tamu berhasil unggul lebih dulu melalui gol dari Edwardo Bizzaro.

Memanfaatkan bola mati dari luar kotak penalti, Bizzaro berhasil melepaskan tendangan terukur yang sulit dijangkau penjaga gawang PSM Denny Marcel. Gol yang tercipta dimenit ke 37 itupun tetap bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, PSM yang berambisi mengamankan tiga poin memutuskan menarik gelandang asingnya Srecko Mitrovic. Pemain asal Australia yang dibabak pertama mengalami masalah setelah dilanggar keras pemain Persiba Bantul itu ditarik dan digantikan M Fadli.

Keputusan Pelatih PSM Segrt memasukkan gelandang lincah M Fadli ternyata berjalan efektif. Umpan matangnya dimenit ke 52 dari sudut kiri pertahanan Persiba Bantul berhasil dimanfaatkan M Rahmat menjadi gol.

Lahirnya gol kedua yang kembali dicetak M Rahmat di menit ke 63 melalui sundulan juga dari kontribusi pemain yang sudah beberapa musim membela PSM Makassar tersebut.

Setelah tertinggal, Persiba Bantul yang berambisi menyamakan kedudukan terus melakukan serangan. Dalam kondisi tertekan membuat pemain bertahan PSM harus bermain lebih keras, akibatnya, pemain PSM Hendra Wijaya terpaksa harus menerima kartu kuning kedua setelah melanggar Ezequiel Gonzales dan diusir wasit keluar lapangan.

Namun keunggulan jumlah pemain gagal dimanfaatkan Persiba Bantul dan kemenangan tetap menjadi milik tim tuan rumah PSM Makassar. (T.PSO-283/S016) 

Pewarta :
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024