Mamuju (ANTARA) - Vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat pesisir diharapkan dapat menggenjot target vaksinasi di Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

"Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Sulbar melaksanakan kegiatan vaksinasi masyarakat pesisir untuk dapat menggenjot target vaksinasi di Kabupaten Polman" kata Kepala Binda Provinsi Sulbar, Sudadi, di Mamuju, Sabtu.

Ia mengatakan Binda Sulbar melaksanakan vaksinasi di Kabupaten Polman dengan menyasar masyarakat pesisir di Dusun Bajoe Desa Rea, Kecamatan Binuang.

"Vaksinasi bagi masyarakat pesisir bertujuan untuk memberikan kemudahan akses layanan vaksin karena masyarakat tersebut tinggal jauh dari tempat fasilitas kesehatan," katanya.

Menurut dia, tim vaksinator Binda Sulbar menggandeng aparat desa setempat dengan serta mengajak masyarakat mengikuti vaksinasi, baik dosis tahap pertama maupun kedua.

Baca juga: Mabes Polri bantu percepatan vaksinasi COVID-19 di Polman Sulbar

Baca juga: BIN gelar vaksinasi lansia empat kabupaten di Sulbar

"Vaksinasi di pesisir Polman yang dilaksanakan secara massal sebagai bentuk kontribusi Binda Sulbar untuk membantu tercapainya kekebalan kelompok  bagi masyarakat,” katanya.

Ia menyampaikan vaksinasi massal di wilayah pesisir dinilai akan sangat membantu masyarakat, khususnya masyarakat lanjut usia (lansia) yang kesusahan mendapatkan layanan vaksin.

Ia mengharapkan Binda Sulbar dapat membantu capaian vaksinasi khususnya di Kabupaten Polman yang hingga saat ini belum mencapai 70 persen.

 Hasil vaksinasi Kabupaten Polman sampai saat ini mencapai 68,49 persen untuk vaksin tahap pertama dan 36,58 persen untuk vaksinasi tahap kedua dari total sasaran sebanyak 370.054 jiwa.

Kepala Dusun Bajoe, Sanusi, menyampaikan apresiasi kepada Presiden dan Binda Sulbar atas pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat pesisir, dan berharap vaksinasi ini dapat membantu mengurangi risiko dari penyebaran virus corona di masyarakat, sehingga semua dapat kembali beraktivitas normal.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024