Mamuju (ANTARA) - Vaksinasi COVID-19 yang dilaksanakan Polsek Matangnga, Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat, menyasar para petani dan warga yang bekerja di kebun di daerah itu.

"Kami melakukan vaksinasi COVID-19 dengan menyasar para petani dan warga yang bekerja di kebun sebagai upaya menjangkau wilayah terpencil di Kecamatan Matangnga," kata Kapolsek Matangnga Ipda Rustam, Sabtu.

Pelaksanaan vaksinasi dengan menyasar para petani dan warga yang bekerja di kebun itu lanjut Rustam, dilakukan di Dusun Mappe Desa Ba'ba.

Petugas vaksinator lanjutnya, harus berusaha melewati medan yang sulit untuk sampai ke desa terpencil tersebut.

Baca juga: BIN Sulbar genjot target vaksinasi di pesisir Polewali Mandar

Baca juga: Sulbar capai target vaksinasi COVID-19 sebanyak 70,31 persen

Baca juga: BIN gelar vaksinasi lansia empat kabupaten di Sulbar

"Pelaksanaan vaksinasi, khususnya di Kecamatan Matangnga, kami dilaksanakan secara 'door to door' atau dari rumah ke rumah, bahkan sampai ke kebun-kebun warga yang kadang melalui medan yang lumayan sulit untuk dijangkau," terangnya.

"Medan yang kami lalui ke desa-desa terpencil cukup berat, karena harus melintasi sungai yang kadang harus ditembus dengan menggunakan rakit kemudian dilanjutkan menggunakan kendaraan roda dua, bahkan ditempuh dengan berjalan kaki," ujar Rustam.

Hal senada disampaikan tim kesehatan dari Urkes Polres Polewali Mandar dan tenaga medis Puskesmas Matangnga.

Mereka mengaku, kondisi cuaca yang tidak menentu menjadi kendala saat ingin menuju lokasi pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

"Jika terjadi hujan, jalan berlumpur dan arus air sungai pun menjadi deras sehingga mempersulit tim vaksinator. Namun hal ini tidak mengurangi semangat tim untuk membantu warga," kata salah seorang vaksinator dari Urkes Polres Polewali Mandar.

Salah seorang warga Dusun Mappe yang mendapatkan vaksinasi COVID-19 dari tim vaksinator, Amiruddin mengaku mengapresiasi perjuangan tim vaksinator yang mendatangi warga di daerah terpencil.

"Kami merasa sangat terbantu karena tim vaksinator langsung ke pelosok-pelosok kampung bahkan sampai di kebun warga," kata Amiruddin.

Pewarta : Amirullah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024