Makassar (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan mencatat bahwa sebanyak 8,64 persen anak berusia 6-11 tahun telah divaksin di daerah itu.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Sulsel Husny Thamrin di Makassar, Selasa mengatakan bahwa Kabupaten Soppeng menjadi daerah dengan capaian tertinggi di Sulsel yakni 67,72 persen.

"Kemudian disusul oleh Kota Palopo 47,61 persen dan Luwu Timur 41,38 persen. Ada juga daerah yang capaiannya masih sangat minim, bahkan belum sampai 1 persen," ujarnya.

Terdapat sebanyak 10 kabupaten yang cakupan vaksinasi anaknya belum mencapai 1 persen, yakni Kabupaten Enrekang, Sidrap, Barru, Sinjai, Selayar, Kota Parepare, Bulukumba, Maros dan Tana Toraja.

Meski demikian, Husny optimis capaian vaksinasi di daerah-daerah akan terus meningkat, sebab beberapa daerah yang cakupannya masih minim mulai berinovasi untuk menggaet warga ikut suntik vaksin.

"Kami yakin, setiap daerah punya kreatifitas dalam menjangkau sasaran. Seperti Palopo yang menghadirkan pahlawan kartun spiderman agar anak-anak tidak begitu ketakutan saat disuntik," urainya.

Selain anak-anak, capaian vaksinasi remaja di Sulsel 82,95 persen untuk dosis 1 dan 58,21 pada dosis 2.

Sementara secara akumulatif, capaian vaksinasi Sulsel yakni 77,28 persen dosis 1 dan 48,61 persen pada dosis 2.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Suriani Mappong
Copyright © ANTARA 2024