Makassar (ANTARA) - Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI) Prof Dr H Basri Modding MSi menyatakan kesiapannya menjadi Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah IX-A pada Musyawarah Wilayah (Muswil) VI asosiasi di Makassar, pada tanggal 30 Januari 2022.

Keputusan ini disampaikan setelah menerima kunjungan dari beberapa pimpinan PTS yang mendorong dan meminta kesediaan Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI, untuk maju dalam pemilihan Ketua APTISI di Makassar , Kamis.

Basri Modding menyampaikan, PTS saat ini menghadapi berbagai tantangan untuk mencapai PT yang unggul, antara lain layanan pembelajaran berbasis digital, menyiapkan SDM yang unggul, profesional dan berkarakter serta menjadi PTS yang unggul.

Di era globalisasi saat ini, kata dia, kemajuan teknologi informasi dan digital menjadi salah satu upaya transformasi perguruan tinggi dalam meningkatkan lulusan generasi abad 21, sebagai sumber daya manusia yang unggul dan siap bersaing dengan era global.

“Jika saya terpilih sebagai Ketua APTISI Wilayah IX, maka iuran wajib keanggotaan akan dicabut,” ujarnya.

Dukungan terhadap Basri Modding sebagai calon kuat Ketua APTISI Wilayah IX Sulawesi Selatan, Barat, dan Tenggara (Sultan Batara), bukan tanpa alasan. Di bawah kepemimpinannya, UMI telah menorehkan berbagai prestasi.

Pencapaian tertinggi terakhir secara akademik di bawah UMI meraih Akreditasi Unggul yang merupakan universitas pertama di luar Jawa yang meraih akreditasi paling bergengsi dalam standar akademik dan universitas ke-11 yang meraih Akreditasi 'Unggul' dari 2770 universitas di seluruh Indonesia.

Selain itu, UMI juga mendapatkan penghargaan sebagai PTS dengan kinerja terbaik tahun 2021 dalam lingkup Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLdikti) IX Sultan Batara dan merupakan tahun kedua UMI ditetapkan sebagai kampus dengan kinerja terbaik.

Basri Modding dikenal sangat demokratis dalam menjalankan kepemimpinannya. Semua kebijakan strategis diambil melalui mekanisme musyawarah dengan semua pihak terkait. Selalu melibatkan pihak-pihak terkait untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan.

Selain itu, UMI merupakan PTS terbaik dan unggul di luar pulau Jawa, dan menjadi contoh bagi PTS lainnya khususnya di lingkup Wil.IX.

Selain itu, sosoknya sangat terbuka dalam menjalin kemitraan untuk memberikan dukungan kepada PT yang telah bekerjasama dengan UMI. Selain itu, prestasi dan keunggulan yang diraih UMI tidak terlepas dari komitmennya.

Hal ini pula yang menjadi alasan beberapa pimpinan PTS memintanya untuk maju sebagai Ketua APTISI, termasuk pengalaman memimpin UMI sebagai PTS terbaik di luar Jawa dan dari berbagai aspek, sehingga mumpuni dalam perkembangan organisasi APTISI ke depan.


 

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024