Mamuju (ANTARA) - Ikatan alumni Universitas Hasanuddin Makassar (IKA Unhas) koordinator wilayah (Korwil) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan penanaman 1500 pohon di wilayah Kecamatan Ulumanda Kabupaten Majene.

Ketua korwil IKA Unhas Provinsi Sulbar Muhammad Idris Dp di Mamuju, Minggu mengatakan, aksi tanam pohon yang dilaksanakan IKA Unhas dikerjasamakan dengan Dinas Kehutanan Provinsi Sulbar.

Ia mengatakan, kegiatan tanam pohon tersebut dilaksanakan dengan , tema "Aksi Peduli Lingkungan" di Desa Kabiraan, Kecamatan Ulumanda untuk melindungi hutan dari kerusakan.

"Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan penanaman 100 ribu benih lamtoro, dan sejumlah kegiatan bakti sosial bersama masyarakat," kata Idris yang juga menjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sulbar.

Menurut dia, aksi penanaman pohon di Kecamatan Ulumanda dilaksanakan karena di wilayah itu hutannya gundul akibat gempa bumi pada 15 Januari 2021 lalu.

"Debit air sungai di wilayah Kecamatan Ulumanda juga sudah mulai berkurang sehingga pelestarian lingkungan dengan menanam pohon sangat perlu dilakukan

Ia berharap masyarakat di Kecamatan Ulumanda juga dapat melestarikan hutan dengan tidak menebang pohon secara liar, serta menanam pohon.

Ia juga mengatakan, selaku pemerintah Sulbar pihaknya juga akan melakukan pengawasan agar hutan tidak dirusak dengan penebangan liar.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024