Makassar (ANTARA) - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Abhan akhirnya melantik Dede Arwinsyah sebagai Anggota Bawaslu Kota Makassar antarwaktu menggantikan Nursari, mantan Ketua Bawaslu Kota Makassar, Sulawesi Selatan, yang telah mengundurkan diri. 

"Kehadiran saudara (Dede Arwinsyah) mengisi kekosongan SDM Bawaslu diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan prestasi kerja Bawaslu khususnya pada pengawasan Pemilu yang tidak lama lagi," ujar Abhan saat melantik melalui video virtual, Rabu. 

Ia pun berpesan kepada Dede supaya setelah pelantikan ini segera bergabung dan menyesuaikan diri dengan ritme kerja di Bawaslu mengingat tahapan Pemilu 2024 akan berlangsung.

Dede Arwinsyah merupakan kandidat pergantian antarwaktu (PAW) anggota Bawaslu Makasar dan melanjutkan sisa masa jabatan 2018-2023.

Ia menggantikan Nursari sebelumnya menjabat Ketua Bawaslu Makassar, namun mengundurkan diri pada 1 Oktober 2021 karena akan fokus menyelesaikan masalah pribadinya yang telah masuk ke ranah hukum. 

Ketua Bawaslu Sulsel HL Arumahi pada kesempatan itu menambahkan, kehadiran Dede akan menunjang kinerja Bawaslu Makassar menghadapi Pemilu 2024 dalam hal pengawasan. 

Selain itu, pelaksanaan Pemilu Presiden dan Legislatif yang telah ditetapkan pada 14 Februari 2024 dan Pilkada serentak pada 27 November 2024 tentu menjadi bagian penting untuk dilakukan pengawasan. 

"Selamat bekerja Dede Arwinsyah, semoga amanah dan terus meningkatkan kinerja pengawasan menghadapi Pemilu 2024 nanti," katanya. 

Pelantikan tersebut melalui video virtual dilaksanakan di Ruang Sidang Muthmainnah, kantor Bawaslu Sulsel, Jalan Andi Pangeran Pettarani Makassar, dihadiri Ketua Bawaslu Sulsel HL Arumahi, anggota Bawaslu Sulsel Amrayadi, Kepala Sekretariat (Kesek) Bawaslu Sulsel, Jalaluddin, serta Ketua, anggota dan Kasek Bawaslu Kota Makassar.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024