Makassar (ANTARA) - Telkomsel terus melakukan proses optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan dengan memfokuskan 500 titik Point of Interest (POI) tersebar di berbagai wilayah Indonesia guna mengantisipasi lonjakan traffic penggunaan jaringan saat Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 1443 Hijiriah.

"Melalui inisiatif ini, kami ingin terus mendampingi masyarakat dalam melewati berbagai tantangan di tiap fase kehidupan melalui pemanfaatan teknologi terdepan," kata Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam saat video confrence yang terpantau dari Makassar, Kamis. 

Ia menjelaskan 500 titik POI tersebut mencakup 104 area residensial, empat rumah sakit utama rujukan COVID-19, 56 area transit transportasi utama (bandara, stasiun, terminal dan pelabuhan), 299 area spesial pusat pelayanan publik dan pusat perbelanjaan, 19 area jalur mudik, serta 18 masjid raya. 

Telkomsel juga telah melakukan rangkaian uji jaringan, termasuk di jalur mudik dengan jarak tempuh sepanjang 15.371 kilometer untuk memastikan kualitas dan ketersediaan jaringan yang menjangkau pada 64 ruas jalan tol utama di seluruh Indonesia.

Direktur Network Telkomsel Nugroho pada kesempatan itu menambahkan, momen RAFI tahun ini akan lebih baik, seiring kondisi pandemi COVID-19 saat ini mulai melandai, serta dukungan kebijakan pemerintah melonggarkan mudik lebaran tahun ini tentu dengan syarat pendukung kesehatan. 

Oleh karena itu, Telkomsel berupaya melakukan pengamanan operasional jaringan yang difokuskan di beberapa wilayah dengan potensi lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital yang tinggi di sejumlah wilayah, seiring dengan pemberlakuan kebijakan tersebut.

"Diperkirakan tahun ini akan terjadi pergerakan yang cukup signifikan pada trafik komunikasi di momen RAFI 2022, jika dibandingkan dengan hari normal," paparnya. 

Sedangkan trafik layanan data atau broadband, kata dia, memprediksi akan tumbuh sebesar 9,4 persen, serta trafik layanan panggilan suara diproyeksi akan mengalami penurunan sebesar 9,3 persen dan SMS tumbuh sekira 4,1 persen. 

Sedangkan untuk aktivitas layanan digital masyarakat juga diperkirakan juga akan meningkat selama RAFI 2022, seperti akses layanan media sosial yang diprediksi tumbuh sekira 7,5 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) melonjak 21,3 persen. 

Selanjutnya, layanan streaming video meningkat sekira 15,3 persen, layanan mobile gaming akan naik hingga 34, persen, akses browsing atau pencarian naik 17,8 persen, serta akses layanan e-commerce yang juga akan tumbuh sekira 18,4 persen.

Untuk kegiatan ibadah selama Ramadhan secara optimal, Telkomsel berupaya meningkatkan kapasitas jaringan di 155 unit BTS 4G/LTE dan melakukan optimalisasi jaringan sebanyak 284 unit BTS 4G/LTE baru serta mengoperasikan tambahan 60 unit mobile Combat.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024