Makassar (ANTARA) - Desa Barania, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai, siap menyambut tim penilai atau visitasi Penghargaan Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang rencananya akan dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno .

Desa Barania, Kabupaten Sinjai, merupakan salah satu dari 50 desa wisata terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang diadakan oleh Kemenparekraf.

“Kami sudah bertemu dengan pemerintah kecamatan, desa hingga pengelola desa wisata Barania untuk membahas upaya penyelesaian tujuh kategori yang menjadi penilaian ADWI 2022,” kata Kadisparbud Sinjai Yuhadi Samad saat dikonfirmasi dari Makassar, Jumat.

Kategori penilaian meliputi daya tarik pengunjung, home stay , souvenir, digital dan kreatif, toilet umum, lembaga desa wisata, Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability (CHSES).

Dari sejumlah kategori penilaian, kata dia, secara umum sudah disiapkan. Pemkab Sinjai saat ini lebih fokus menyelesaikan berbagai hal yang dinilai masih kurang sehingga bisa mendapatkan nilai bagus dari tim visitasi ADWI 2022.

Sebaliknya, menurut dia, salah satu hal terpenting yang perlu dibenahi adalah bagaimana meningkatkan antusiasme masyarakat. Ia berharap masyarakat menyambut dengan antusias sehingga menjadi cambuk atau peluang untuk lebih memunculkan potensi desa.


Untuk itu, ia berharap seluruh lapisan masyarakat dapat berpartisipasi dan berkontribusi untuk mendapatkan penilaian yang baik dari tim visitasi Kemenparekraf ADWI 2022.

“Berdasarkan acuan penilaian dokumen awal yang kami kirimkan ke panitia ADWI 2022 dan akhirnya berhasil masuk 50 besar, maka kami optimis bisa bersaing. Tinggal dilihat bagaimana kita melengkapi apa yang kurang sebelum penilaian,” ujarnya.*


Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024