Makassar (ANTARA) - Wakil Bupati Kepulauan Selayar Saiful Arif menyerahkan bantuan alat penangkapan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan kepada puluhan kelompok nelayan di daerah itu.

Pemberian bantuan ini difasilitasi WCS (Wildlife Conservation Society) dgn Koordinator Wilayah (Site Coordinator) Sudarman, SPi.

Wabup Saiful Arif dalam keterangannya di Makassar, Sabtu, mengatakan bantuan ini merupakan komitmen pemerintah untuk membantu Nelayan Desa Tarupa yang telah mendeklarasikan "Tarupa Bebas dari Bom dan Bius".

Sementara itu, Kadis Perikanan Selayar Makkawaru dalam laporannya menyatakan, cukup banyak yang bermohon, namun setelah diverifikasi, hanya 13 Kelompok yang memenuhi syarat.

Adapun para nelayan yang tergabung ke dalam tiga belas (13) Kelompok Nelayan (KUB) yang semuanya berada dalam kawasan Kecamatan Taka Bonerate itu masing masing di Desa Tarupa 8 Kelompok, yakni KUB Matahari (Ketua Jamil, Katamba (H. Hajide).

Selanjutnya Bintang Tuna (Wasir), Tarupa Samaturu (Rusdin), Pejuang Malam (Jamal P), Damai H Parman, dan Gurita Latonda (Mahamuddin), KUB Nelayan Mandiri (Abidin Siregar),

Khusus nelayan di Desa Rajuni ada tiga kelompok yakni KUB Mabiring Tasi (Ketua H. Saleh), Padaidi (Firdaus), dan KUB Laut Biru Bajo (Jabir). Desa Latondu 1 Kelompok yakni KUB Sipaenre dan dari Desa Tambuna 1 kelompok yaitu KUB Harapan Maju dengan Ketua H Panca.

"Kita akan perjuangkan lagi, agar yang belum, bisa mendapat bantuan juga, demikian pula yang baru, bisa kita bantu juga," ujar Makkawaru.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024