Mamuju (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik menyampaikan siap mengembangkan olahraga gateball sehingga dikenal masyarakat dan melahirkan atlet gateball yang andal untuk provinsi ini.

"Kita akan gelar tiap bulan turnamen agar ada perhatian di Sulbar dari Kementerian PUPR," kata Akmal Malik di Mamuju, Jumat, setelah membuka secara resmi turnamen gateball Piala Gubernur Sulbar di Stadion Manakarra, Mamuju.

Turnamen ini diikuti peserta dari berbagai daerah di Indonesia, antara lain Jawa Barat, Bali, DKI Jakarta, Kalimantan Timur Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara.

Akmal mengatakan ajang ini adalah kesempatan sangat baik untuk memperkenalkan gateball sebagai olah raga baru di Indonesia, khususnya Sulawesi Barat.

"Kami berterima kasih kepada Kementerian PUPR yang telah memperkenalkan gateball sebagai salah satu alternatif untuk tetap hidup sehat hidup bahagia dan menjaga silaturahmi untuk kita semua," kata Akmal.

Menurut Akmal, gateball sengaja digelar di Stadion Manakarra agar stadion ini mendapat perhatian Kementerian PUPR.

Dia juga mendorong Sulawesi Barat rutin menyelenggarakan ajang serupa.

Ketua Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Sulbar Muhammad Aksan mengatakan turnamen gateball ini adalah pertama kali digelar di Sulawesi Barat.

"Gateball ini memperebutkan Piala Gubernur merupakan event pertama yang digelar agar antusias masyarakat terhadap permainan gateball semakin meningkat, sehingga melahirkan atlet gateball di Sulbar," kata Muhammad.

Pewarta : Amirullah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024