Mamuju (ANTARA) - Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Cabang Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi (Sulbar) menyosialisasi pola hidup sehat kepada masyarakat untuk mencegah penyakit tuberculosis (TBC) dan diabetes melitus.

"IAI Mamuju menggelar sosialisasi tersebut sebagai rangkaian kegiatan peringatan hari apoteker sedunia atau World Pharmachist Day di Mamuju," kata Ketua IAI Kabupaten Mamuju, Hasmiaty SSi, Apt di Mamuju, Minggu.

Ia mengatakan, peringatan hari apoteker sedunia di Mamuju dilaksanakan dengan tema "Apoteker bersatu dalam aksi menuju dunia yang lebih sehat" yang juga dilaksanakan serentak oleh pengurus IAI diberbagai seluruh wilayah di Indonesia.

"Pada kegiatan sosialisasi pola hidup sehat di Mamuju dirangkaikan dengan pelaksanaan senam pagi bersama masyarakat, dianjungan Pantai Manakarra Mamuju, dan meminta masyarakat membiasakan diri menjalankan pola hidup sehat," katanya.

Ia mengatakan, rangkaian hari apoteker sedunia di Mamuju, juga dilaksanakan dengan kegiatan pemeriksaan gula darah atau glukosa secara gratis bagi masyarakat, serta pelayanan vaksinasi pencegahan COVID-19.

Ia menyampaikan, sosialisasi pola hidup sehat dilaksanakan dengan menghimbau masyarakat untuk melakukan aktivitas fisik, mengkomsumsi sayur dan buah, dan tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol.

Selain itu, menghimbau masyarakat untuk memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban.

"Kegiatan ini juga dalam rangka mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam menggunakan obat secara tepat dan benar," katanya.

Ia berharap, melalui momentum peringatan hari apoteker ini masyarakat dapat menggunakan obat secara benar, termasuk mendapatkan, menyimpan dan membuang obat dengan benar.

Selain itu, masyarakat hendaknya aktif mencari informasi dan bertanya sebelum menggunakan obat, sehingga masalah kesehatan akibat kesalahan penggunaan obat dapat dicegah.

Ia juga menyampaikan rangkaian peringatan hari apoteker di Mamuju juga dilaksanakan dengan menggelar, dihadirkan talkshow pengendalian resistensi anti mikroba agar masyarakat menggunakan anti mikroba secara tepat.

Selain itu, dilaksanakan pameran pelayanan informasi terkait obat dan makanan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang obat dan kesehatan dengan bekerjasama Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kabupaten Mamuju.
 

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024