Makassar (ANTARA) - Balai Karantina Pertanian Makassar, Kementerian Pertanian (Kementan) akan melatih para penyuluh pertanian Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan untuk mengembangkan pertanian khususnya pada produksi tanaman porang.

Kepala Seksi Informasi dan Sarana Teknik Balai Karantina Pertanian M. Hendry Nuryanto melalui keterangannya, Selasa, mengatakan, tanaman porang sekarang menjadi salah satu primadona dalam bidang pertanian karena permintaannya dari luar negeri terus meningkat.

"Kami telah bertemu dengan pak Bupati Sinjai menyampaikan rencana kegiatan untuk memberikan pelatihan kepada penyuluh pertanian dan langsung ditanggapi antusias," ujarnya.

Hendry Nuryanto mengatakan, Kabupaten Sinjai masuk dalam agenda Kementerian Pertanian khususnya Balai Karantina Pertanian Makassar untuk dilakukan pembinaan dalam pengembangan hasil pertanian.

Ia pun menyebut jika Kabupaten Sinjai satu dari kabupaten lainnya di Sulsel yang punya potensi besar dalam pengembangan tanaman porang.

"Kabupaten Sinjai ini salah satu daerah di Sulsel yang potensinya sangat besar dalam mengembangkan tanaman porang. Itulah mengapa kami mengagendakan Bimtek bagi para penyuluh pertanian," katanya.

Hendry Nuryanto menerangkan tanaman porang saat ini mengalami peningkatan ekspor ke Negara Tiongkok. Bahkan tercatat sejak bulan Juni 2022 hingga saat ini, telah diekspor porang sebanyak 1.000 ton.

Rencana pelaksanaan Bimtek terkait budidaya tanaman porang ini mendapat apresiasi dan dukungan penuh dari Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA).

Menurutnya, ini sangat penting dalam meningkatkan kualitas porang yang ditanam, sehingga hasilnya bisa mengangkat perekonomian masyarakat, khususnya para petani porang di Kabupaten Sinjai.

"Kami menyambut baik rencana Bimtek ini. Mudah-mudahan ini bisa menjadi sarana untuk para petani kita, termasuk para penyuluh pertanian agar bisa belajar sehingga porang yang ditanam kualitasnya bagus, dan punya nilai jual tinggi," tutur Bupati Sinjai Andi Seto Asapa.

Pada pertemuan ini, Bupati Andi Seto Asapa turut didampingi oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Sinjai, H. Kamaruddin.

 

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024