Makassar (ANTARA) - Plt Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Imam Gunawan meminta Universitas Negeri Makassar menjadi kampus enterpreneur sesuai visi Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Dr Husain Syam.

Imam Gunawan dalam keterangannya di Makassar, Jumat (21/10), mengatakan UNM telah komitmen mencetak lulusan entrepreneur dengan kehadiran program studi kewirausahaan yang fokus menjadikan mahasiswa sebagai seorang wirausahawan.

Menurutnya, peran para pemuda dalam berwirausaha sangat penting dalam kemajuan negeri.

“Adik-adik mahasiswa sangat bersyukur bisa berkuliah di UNM yang fokus kepada kewirausahaan, UNM menjadi bagian penting menjadi spirit dari UNM," ucapnya pada kuliah umum bertajuk Sinergi Kampus Enterpreneurship Menuju Indonesia Kuat.

Ia menjelaskan kegiatan ini salah satu target strategis untuk memicu target anak muda rentang usia 16-30 tahun terutama yang masih berada di knowledge pool.

Sehingga dirinya berharap kegiatan tersebut mampu menambah benefit yang bisa memberikan dampak sosial terhadap kesejahteraan melalui aktivitas kewirausahaan.

Sementara itu, Rektor UNM Prof Husain mengatakan kewirausahaan ini merupakan mata kuliah wajib pada semua jenjang pendidikan di UNM.

Ia menegaskan perlu penguatan dari pelaku bisnis yang sudah memahami karakter bisnis hingga bisa melahirkan alumni berjiwa kewirausahaan.

UNM dan Kemenpora sudah melakukan kerja sama sejak tiga tahun lalu melalui program strategis menciptakan sebanyak-banyaknya pemuda wirausaha.

“Hal ini sejalan dengan visi misi UNM yang sejak 2019 telah mengusung kampus kewirausahaan," ujarnya.


Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024