Makassar (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, menggandeng tim penggerak PKK di daerah itu guna maksimalkan sosialisasi dalam rangka meningkatkan partisipasi perempuan pada Pemilu dan Pilkada 2024.

Ketua KPU Kabupaten Luwu Timur Zainal menjawab pertanyaan ANTARA dari Makassar, Senin, mengatakan bahwa potensi pemilih perempuan di daerah itu cukup besar untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada tahun politik mendatang.

"Kami sudah menyiapkan segmen-segmen pemilih yang sudah kami rancang. Khusus pemilih perempuan, kader-kader PKK yang tersebar di setiap kecamatan tentunya bisa memberikan kontribusi dalam upaya pendidikan politik bagi perempuan," katanya.

Zainal menjelaskan bahwa pihaknya sudah melakukan sosialisasi di berbagai segmen dengan melibatkan sejumlah pihak yang berkepentingan dalam upaya menyukseskan tahapan pemilu mendatang.

"Kami sudah lakukan sosialisasi. Namun, tentunya tidak cukup hanya sekali dua kali. Kami sengaja libatkan pihak terkait seperti PKK untuk kegiatan sosialisasi," ujarnya.

Diharapkan pula bahwa informasi-informasi tahapan pemilu yang didapatkan melalui sosialisasi, juga bisa disebarluaskan di tengah-tengah masyarakat, khususnya untuk pemilih perempuan. Dengan demikian, peran perempuan, baik sebagai pemilih, peserta, maupun penyelenggara, bisa mendongkrak partisipasi dalam agenda demokrasi pada tahun 2024.

Untuk sasaran pemilih pemula, pihaknya mengaku lebih memaksimalkan media sosial karena memiliki potensi besar menjangkau kaum milenial.

"Semua media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, hingga YouTube kami gunakan. Apalagi, generasi milenial di daerah ini juga sudah akrab dengan dunia maya," ujarnya.


Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024