Makassar (ANTARA News) - Pemerintah Kota Makassar melakukan pengasapan pada musim pancaroba ini untuk mengantisipasi berjangkitnya demam berdarah dengue (DBD) terhadap warganya.

"Sekarang ini musim pancaroba dan untuk mengantisipasi adanya penderita DBD, kami meningkatkan pengasapan agar DBD bisa dicegah," ujar Kepala Dinas Kesehatan Makassar dr Naisyah Tun Azikin di Makassar, Kamis.

Ia mengatakan, pengasapan yang dilakukannya itu berdasarkan klasifikasi karena memang ada beberapa daerah yang setiap tahun jumlah penderitanya sangat tinggi.

Beberapa daerah yang tingkat penderitanya cukup tinggi setiap pergantian musim itu di antaranya, Kecamatan Manggala, Kecamatan Biringkanayya, Kecamatan Tamalanrea, dan Kecamatan Panakukang.

Keempat kecamatan ini akan menjadi fokus pengasapan dan selalu diprogramkan karena daerah tersebut tingkat genangan airnya juga cukup tinggi setiap kali habis hujan.

"Kami sudah mengklasifikasi daerah yang setiap kecamatan itu tingkat penderitanya cukup tinggi dan di empat kecamatan itu genangan air juga tinggi setiap kali habis hujan," katanya.

Disebutkannya, pelayanan pengasapan tidak terbatas hanya pada empat kecamatan itu, namun secara keseluruhan di wilayah Kota Makassar.

Bahkan pemerintah kota juga telah menyiapkan layanan hotline 24 jam bagi warga yang membutuhkan bantuan dan koordinasi terkait persoalan kesehatan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kota Makassar, Ismunandar menghimbau agar masyarakat yang saat ini tengah mengalami musibah banjir dan membutuhkan bantuan maka dapat menghubungi nomor tanggap darurat BPBD.

"Kami siap membantu masyarakat yang mengalami musibah terkhusus di musim hujan ini, untuk itu jika membutuhkan bantuan segera menghubungi nomor telepon posko kami," jelasnya. (T.KR-MH/Z002) 

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024