Makassar (Antara News) - Legislator asal Partai Demokrat Makassar Andi Enre Cecep Lantara mewakafkan sebidang tanah miliknya seluas 1.000 meter persegi, untuk digunakan sebagai lokasi pembangunan Rumah Sakit Bersalin (RSB) gratis bagi warga miskin.

"Kami sangat prihatin masih banyak kaum ibu yang bersalin tanpa pelayanan medis, karena alasan keterbatasan biaya. Padahal, bersalin adalah salah satu proses penting pembentukan suatu generasi," kata Andi Cecep Lantara, di Makassar, Rabu.

Ibunda Enre Cecep Lantara yang bertindak sebagai perwakilan keluarga pada penyerahan ditandai penandatanganan MoU kedua belah pihak di KUA Kecamatan Manggala, Makassar, mengatakan, mudah-mudahan niatan ini menjadi awal yang baik untuk semua.

"Dibangunnya RSB gratis ini diharapkan dapat membantu warga yang tidak mampu secara ekonomi untuk mendapatkan penanganan bersalin yang lebih layak tanpa mengeluarkan biaya," ucapnya.

Cecep menambahkan, pengadaan tenaga bidan rumah sakit tersebut, akan disiapkan dari lulusan Akademi Kebidanan (Akbid) Makassar, perguruan tinggi di bawah naungan Yayasan Pendidikan Makassar (Yapma).

Sebelumnya, tanah yang berlokasi di jalan Hertasning Baru itu diberikan kepada Rumah Zakat Makassar sebagai pelaksana pembangunan rumah sakit gratis tersebut diperuntukkan bagi masyarakat miskin.

Manajer Rumah Zakat Makassar Syahrul Mubaraq mengatakan, fasilitas umum yang dibangun dari hasil zakat donatur Rumah Zakat tersebut, diberi nama Rumah Bersalin Sehat Keluarga (RBSK).

"Pembangunannya dimulai tahun 2013 ini, dengan rencana kapasitas mampu menampung 20-30 pasien per-bulan," ujarnya. (Editor : Fredrich C Kuen)

Pewarta : Darwin Fatir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024