Palu (Antara News) - Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri mengharapkan, Pemkab Sigi, Sulawesi Tengah membantu masyarakat komunitas adat terpencil (KAT) agar kehidupan mereka dapat lebih baik.

"Kita harus mencarikan solusi apa yang bisa dikerjakan agar tingkat kesejahteraan mereka lebih bagus dari sekarang ," katanya ketika memberikan bantuan dana pembangunan rumah layak huni kepada 76 kk KAT di Dusun Batambaya Kecamatan Kinovaro Kabupaten Sigi, Rabu.

Mensos Salim Segaf mengatakan, kebanyak warga di daerah ini bekerja sebagai pengumpul batu atau pasir di sungai-sungai.

Pemak Sigi, kata Mensos Salim Segaf perlu mencarikan mata pencaharian lain yang cocok bagi mereka. Misalkan berkebun karena tanah yang ada cukup luas dan subur, tetapi selama ini belum digarap untuk ditanami berbagai komoditi.

"Cari apa komoditi yang cocok untuk dikembangkan di lokasi permukiman KAT," katanya.

Menurut Mensos Salim Segaf jika tanah-tanah yang ada ini dimanfaatkan untuk menanam berbagai komoditi jangka pendek, niscaya tingkat kesejahteraan mereka meningkat.

Dusun Batambaya Desa Kalora saat ini dihuni sebanyak 93 kk masyarakat KAT. Semua rumah mereka masih dinding papan dan atap daun rumbia dengan ukuran 2x4 meter.(Editor : IK Sutika)

Pewarta : Anas Masa
Editor :
Copyright © ANTARA 2024