Makassar (ANTARA) - Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Sulawesi Selatan (Sulsel) menyiapkan tiga tim untuk menghadapi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Basket 3X3 2023 di Yogyakarta, 27-29 Januari.

Kepala Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) Perbasi Sulsel Jamin Mattotoran di Makassar, Minggu, mengatakan tiga tim dipersiapkan bersaing pada tiga kategori usia masing-masing U-16, U-18 dan U-23.

"Kami fokus mempersiapkan agenda jangka panjang atau usia PON (Pekan Olahraga Nasional). Kita siapkan atlet dari berbagai jenjang usai yang punya potensi," katanya.

Ia menjelaskan pihaknya sudah memanggil sejumlah atlet dari berbagai usia untuk dinilai yang paling berpotensi. Adapun penentuan atlet rencana ditetapkan pada 15 Januari mendatang.

"Kami sudah memanggil para atlet untuk dipantau perkembangannya sebelum penetapan atlet pertengahan bulan ini. Semoga semuanya bisa berjalan sesuai rencana," katanya menambahkan.

Mengenai kekuatan calon lawan di ajang 3X3, Jamin mengaku tetap memberikan kewaspadaan terhadap tim-tim asal Pulau Jawa yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur termasuk tuan rumah Yogyakarta.

Komposisi atlet tentunya tidak sama dibandingkan PON Papua karena akan muncul atlet-atlet baru. Hanya saja, lanjut dia, kekuatan wakil Jawa tentu akan kembali menjadi batu sandungan.

"Untuk tim-tim Pulau Jawa tetap diwaspadai namun kami tetap optimistis bisa bersaing seperti halnya di PON Papua," pungkas Jamin Mattotoran.

Berita ini juga telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Perbasi Sulsel siapkan tiga tim untuk hadapi Kejurnas 3X3 Yogyakarta

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024