Makassar (ANTARA) - Kapolres Pelabuhan Makassar AKBP Yudi Frianto mengajak pengendara baik roda dua dan roda empat agar tertib dalam berlalu lintas.

"Mari kita tertib berlalu lintas, tertib aturan. Berkendara tanpa memperdulikan diri sendiri dan orang lain akan sangat membahayakan nyawa, bukan nyawa kita saja tapi orang lain juga," ujarnya di Makassar, Senin.

AKBP Yudi Frianto mengatakan Operasi Keselamatan yang baru saja digelar selama 14 hari itu agar masyarakat paham dan sadar pentingnya menjaga diri sendiri dan orang lain saat berkendara.

Dalam sosialisasi itu, Kapolres Pelabuhan Makassar juga membagikan helm dan jaket secara gratis kepada para pengendara sepeda motor sebagai bentuk kepedulian pada keselamatan berlalu lintas.

"Kegiatan tersebut digelar dengan bekerjasama dengan diler motor sebagai salah satu bentuk kepedulian Polri terhadap keselamatan para pengendara bermotor roda dua," katanya.

Selain itu, pembagian helm gratis dan jaket itu merupakan upaya kepolisian untuk menekan angka kecelakaan di kota Makassar.

Kapolres AKBP Yudi berharap dengan pembagian helm itu, pengendara dapat berkendara dengan tertib serta meningkatkan kesadaran masyarakat agar dapat membiasakan diri dengan budaya tertib berlalu lintas.

Sebelumnya, Direktur Ditlantas Polda Sulsel Kombes Pol Faizal menyebutkan selama Operasi Keselamatan 2023, tercatat pihaknya telah melayangkan 8.137 teguran kepada para pelanggar lalu lintas.

Dari jumlah itu, hanya 89 yang diberikan tindakan langsung (tilang) atau sekitar 1 persen. Kemudian kecelakaan lalu lintas terdata sebanyak 117 kasus dan yang meninggal dunia 13 orang, luka berat 8 orang serta 146 luka ringan.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024