Makassar (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Makassar, Sulawesi Selatan telah menyusun dan mencanangkan tujuh program dalam mewujudkan Makassar Kota Resiliensi.

Plt Kepala Diskominfo Makassar Ismawaty Nur dalam pemaparannya pada Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Pemkot Makassar, Rabu, mengatakan tujuh program itu akan menjadi prioritas dalam mendukung pelayanan kepada masyarakat.

"Ini adalah salah satu upaya kami yang turut mengambil peran dalam membangun Makassar sebagai kota yang resilience atau berdaya tahan," ujarnya.

Ismawaty Nur menyebutkan tujuh program yang disusun Diskominfo untuk mewujudkan Makassar kota resilience yakni, Makassar Virtual Economy Center (Marvec), update aplikasi Anrong, Makaverse News Mobile Apps, Virtual Absensi Metaverse, Virtual Meeting Metaverse, Aplikasi Diagnosa Kesehatan, dan Aplikasi Mobile Makassar Kota Makan Enak.

Dia menjelaskan resiliensi yang dimaksud yakni memperbaiki resiliensi dengan komunikasi dan informasi publik yang efektif serta bagaimana membangun kota yang berdaya tahan terhadap bencana.

Menurut dia, resiliensi ini lebih berkaitan dengan upaya preventif, responsif, dan mitigasi segala sesuatunya untuk di kemudian hari.

"Ketika Diskominfo bisa melakukan tugas-tugas ini, maka kurang lebih masyarakat nantinya bisa teredukasi dengan baik," katanya.

Ismawaty Nur menyampaikan untuk 2022 lalu, Diskominfo telah mempunyai Aplikasi Anrong yang bertujuan untuk memudahkan akses layanan publik.

Menurut dia, aplikasi Anrong adalah salah satu bentuk resiliensi. Di mana melalui aplikasi ini, Diskominfo berupaya untuk mengintegrasikan aplikasi-aplikasi yang ada di seluruh OPD.

"Walaupun belum sempurna maka tahun ini kami berusaha untuk memperbaiki dan menyempurnakannya," terangnya.

Mantan Kabag Kerja Sama Kota Makassar ini juga berharap program Marvec tahun ini bisa terealisasi. Khususnya membangun war room yang jauh lebih bagus dari yang ada saat ini.

"Kami juga sedang membuat Virtual Meeting Metaverse, dan sudah berhasil membuat virtual meeting untuk 20 orang dalam satu ruangan. Masih banyak kekurangannya, tapi semoga ini adalah awal bagi kita untuk membayangkan bahwa kita juga bisa melakukan rapat di sebuah ruangan secara virtual bukan hanya zooming," kata Ismawaty.

Diskominfo juga akan meluncurkan Makaverse News Mobile Apps. Aplikasi ini, lanjut Ismawaty bertujuan untuk menjadikan Diskominfo menjadi go id, dan beritanya akan menjadi sarapan masyarakat setiap pagi.

Selain itu juga, Diskominfo tengah membangun Aplikasi Diagnosa Kesehatan dan mendukung Makassar Kota Makan Enak dengan membentuk atau membuat sebuah aplikasi.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024