Makassar (ANTARA) - Sebanyak tiga desa wisata di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan berhasil masuk dalam 300 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023, oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Luwu Timur Andi Tabacina Akhmad dikonfirmasi, Senin, mengatakan di daerahnya ada tiga desa wisata yang berhasil masuk 300 besar ADWI 2023.

"Pak Menteri Sandiaga Uno melalui instagram pribadinya sudah mengumumkan 300 besar desa wisata yang masuk ADWI 2023 dan tiga diantaranya itu dari wilayah kami," ujarnya.

Adapun tiga desa wisata yang berhasil masuk 300 besar ADWI 2023 yakni, Desa Wisata Tabarano (Kecamatan Wasuponda), Desa Wisata Hawaii Atue (Kecamatan Malili), dan Desa Wisata Wita Morini (Desa Ledu-Ledu, Kecamatan wasuponda).

Dia menjelaskan bahwa ADWI 2023 memiliki visi mewujudkan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing global, dan berkelanjutan, dengan menciptakan kesadaran pariwisata dari berbagai pelaku usaha dan industri pariwisata ekonomi kreatif.

Yang menjadi penilaian dalam ajang ADWI 2023 ada lima kategori yakni daya tarik pengunjung, homestay dan toilet, digital dan kreatif, suvenir dan kelembagaan desa wisata dan CHSE.

"Awalnya ada enam desa yang masuk 500 besar, kemudian tersaring lagi menjadi tiga desa. Kita berharap bisa lolos lagi dan masuk 75 besar. Sisa satu kali lagi pengumuman," katanya.

Andi Ahmad sendiri berharap ketiga desa itu bisa mengikuti jejak Desa Matano yang pada 2022 berhasil tembus ke 75 besar dan menjadi puncak kurasi ADWI 2023.

Sebelumnya, pada akun instagram pribadi Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, juga pada akun @kemenparekraf.ri dalam video pengumumannya mengatakan, ADWI 2023 dalam mewujudkan Desa Wisata yang berkelas dunia untuk Indonesia Bangkit (World Class Tourism) masih dalam tahap kurasi.

"Sebelumnya saya telah mengumumkan 500 Besar Desa Wisata ADWI 2023 dari seluruh provinsi di Indonesia. Kini, pada tahap selanjutnya dengan bangga saya umumkan 300 Besar Desa Wisata ADWI 2023," tutur Sandiaga Uno.

"Selamat saya ucapkan kepada 300 besar desa wisata ADWI 2023, jadikan pencapaian ini sebagai motivasi untuk terus mengembangkan desa wisata yang berkualitas dan berkelas dunia,”  pesan Sandiaga dalam video pengumuman tersebut.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024