Makassar (ANTARA) - Polres Maros, Sulawesi Selatan rutin menggelar patroli bersama untuk menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selama Ramadhan 1444 Hijriah.

Kasat Samapta AKP Yiyi Suhartin melalui keterangannya, Rabu, mengatakan, patroli gabungan dari berbagai unit dan fungsi itu dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif.

“Kalau Ramadhan yang paling banyak balapan liar. Patroli gabungan ini salah satunya untuk memastikan agar yang melakukan balapan liar tidak melakukan tindakan gegabah yang bisa mengganggu orang lain dan merugikan diri sendiri,” ujarnya.

Yiyi Suhartin mengatakan patroli bersama dari Satuan Lalu Lintas, Samapta, Satuan Reskrim, Intelkam, Riset Narkoba, Propam dan personel kepolisian.

Seperti yang terjadi di Kecamatan Lau, pihaknya berhasil membubarkan balapan liar di Gudang Area 88, Pattene, Kecamatan Marusu, Kabupaten Maros.

Di lokasi itu, sebanyak 12 unit kendaraan roda dua berhasil diamankan setelah terjaring di arena balap liar.

"Di area gudang 88 ini merupakan salah satu area yang dikeluhkan masyarakat karena maraknya balapan liar. Kami sudah mengikuti para remaja balapan liar dan mengamankan kendaraan mereka," ujarnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Maros AKP Supriyanto mengajak peran serta masyarakat termasuk orang tua untuk memantau dan mendidik anaknya agar tidak melakukan kegiatan yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

"Balapan liar itu membahayakan diri sendiri dan orang lain. Tak hanya itu, deru kendaraan juga sangat bising. Oleh karena itu, kami mengajak para orang tua untuk memahami anaknya dan tidak memberikan sepeda motor sebelum mereka cukup umur," ujarnya.
 

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024