Makassar (ANTARA) - Wakil Bupati Kepulauan Selayar Saiful Arif menyalurkan zakat dari Baznas dan menyerahkan bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) untuk korban cuaca ekstrem di Kabupaten Takabonerate.

Wabup Saiful Arif dalam keterangannya yang diterima di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu, mengatakan, selain di Kabupaten Takabonerate, penyaluran zakat dari Baznas juga akan dilakukan di empat kabupaten lain di Nusantara setempat.

“Kami akan mendistribusikan sebanyak-banyaknya kepada masyarakat yang berhak berdasarkan data desa, kelurahan dan kecamatan,” ujarnya.

Ia mengatakan, total zakat yang terkumpul untuk lima kecamatan di Nusantara sebesar Rp236 juta.

Saiful Arif berharap, melalui pemberian zakat ini, penerimanya bisa mendapatkan manfaat.

“Dan bagi yang memberi, insya Allah akan diberkati,” ujarnya.

Terkait bantuan dari pemerintah, ia menyebut Kecamatan Takabonerate merupakan kecamatan terakhir yang mendapat bantuan dari Kementerian Sosial.

“Bantuan di kecamatan ini terutama diberikan kepada masyarakat yang menjadi korban cuaca ekstrem (angin kencang dan pohon tumbang, red.),” ujarnya.

Perwakilan Baznas Kepulauan Selayar Andi Baso dalam laporannya menyebutkan bahwa zakat yang terkumpul merupakan kebaikan masyarakat yang mampu disalurkan secara merata kepada masyarakat yang berhak.

“Amanah ini akan kami jaga baik-baik, semoga kinerja Baznas bisa mencapai target dan berlanjut ke depan,” ujarnya.

Atas penyerahan zakat dan bantuan ini, Kelurahan Takabonerate Andi Caco Amras mengucapkan terima kasih.

“Tidak hanya kepada wabup dan Baznas tetapi juga kepada seluruh tim Safari Ramadhan dan Tim Safari Nuzulul Qur’an yang telah sepakat untuk hadir di Kabupaten Takabonerate,” ujarnya.


Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024