Makassar (ANTARA) - Hutan Pendidikan Universitas Hasanuddin (Unhas) akan dijadikan destinasi ekowisata dan Kampung Inggris melalui program pengelolaan dan pemanfaatan Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK).

"Karena itu, mengawali hal tersebut dilakukan sosialisasi kepada masyarakat di sekitar kawasan Hutan Pendidikan Unhas," kata Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin Dr Ir A Mujetahid di Makassar, Senin.

Dia mengatakan  pengelolaan dan pemanfaatan Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Hutan Pendidikan Unhas sudah menjadi pembahasan bersama.

Bahkan, Kepala KHDTK Hutan Pendidikan Unhas Nasri telah menyampaikan terima kasihnya kepada masyarakat sekitar KHDTK Hutan Pendidikan Unhas atas partisipasinya dalam kegiatan tersebut.

"Terima kasih atas partisipasi bapak dan ibu dalam kegiatan sosialisasi Rencana Pengelolaan dan Pemanfaatan KHDTK Hutan Pendidikan Unhas," ujarnya.

Nasri mengatakan terkait kegiatan ini dipaparkan rencana pengelolaan dan aktivitas yang akan dilakukan di KHDTK Hutan Pendidikan ke depannya.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu ajang silaturahmi dengan masyarakat yang beraktivitas di sekitar KHDTK Hutan Pendidikan Unhas yang bertujuan untuk mencari solusi dalam menyelesaikan setiap permasalahan atau kendala yang selama ini dihadapi.

"Saya berharap setiap permasalahan dan kendala yang dihadapi sebaiknya dibicarakan dengan pengelola KHDTK Hutan Pendidikan Fakultas Kehutanan Unhas untuk sama-sama dicarikan jalan keluarnya," ujarnya.

Dekan Fakultas Kehutanan Unhas Mujetahid menyampaikan materi terkait pemanfaatan hasil hutan dan jasa lingkungan KHDTK Hutan Pendidikan Fakultas Kehutanan Unhas.

Beberapa rencana pengelolaan dan pemanfaatan yang akan dilakukan di KHDTK Hutan Pendidikan Unhas yaitu, Getah Pinus, Gula Aren, Lebah Madu, Resort, Ekowisata, Kampung Inggris dan Sylvopasture.

"Proses penyadapan getah pinus akan dilakukan dengan mendatangkan penyadap dari Institut Pertanian Bogor (IPB) yang akan membimbing dan mendampingi penyadap KHDTK Hutan Pendidikan Unhas," jelas Mujetahid.

Mujetahid juga mengatakan bahwa semua aktivitas yang dilakukan di KHDTK Hutan Pendidikan Fakultas Kehutanan Unhas akan difasilitasi, dan tentunya mendapatkan pendampingan.

"Saya berharap kerja sama dan kolaborasi antara masyarakat sekitar dengan pihak KHDTK Hutan Pendidikan Fakultas Kehutanan Unhas terus terjalin dalam meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar," tutur Mujetahid.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan pemberian paket sembako kepada 120 kepala keluarga yang beraktivitas di sekitar KHDTK Hutan Pendidikan Fakultas Kehutanan Unhas.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024