Makassar (ANTARA Sulsel) - Tim sepak takraw Sulawesi Selatan akan menghadapi Lampung pada babak semifinal kejuaraan nasional khusus putri Piala Kartini 2013 di Gedung POPKI Cibubur Jakarta, Rabu (19/6).

Pelatih Sulsel Ramli saat dihubungi dari Makassar, Selasa, mengatakan, mereka melaju ke babak empat besar setelah mengalahkan Kalimantan Tengah dengan skor 3-0, Selasa.

"Harapan kita untuk tampil sebagai juara hanya di kategori double event. Mudah-mudahan pada pertandingan nanti bisa dimenangkan. Kita juga meminta seluruh atlet untuk lebih fokus mengingat Lampung bukan tim sembarangan," kata Ramli.

Harapan Sulsel meraih juara di kejuaraan yang berlangsung di komplek Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PP PON) itu memang hanya tersisa di nomor double event.

Sebab pada nomor beregu, Sulsel gagal mempertahankan prestasinya yang diraih di Piala Kartini 2012 dengan hanya merebut medali perunggu bersama Sulteng.

Untuk menjaga peluang Sulsel, Ramli tetap akan menggantungkan harapan pada tiga petakraw terbaik mereka, yakni Jumasiah, Astriani dan Rahmiati. Ketiganya juga menunjukkan dominasi saat berlaga di babak kualifikasi.

"Medali perunggu memang sudah di tangan namun itu bukan target kita di Piala Kartini 2013. Kita juga minta dukungan dan doa masyarakat Sulsel agar perjuangan atlet bisa maksimal sekaligus menjadi juara di 2013," katanya.

Menghadapi Kejurnas Piala Kartini 2013, tim Sulsel memang tidak dapat diperkuat dua atlet pelatnasnya yakni Asmawati dan Kusmelia. Keduanya tidak bisa tampil karena tengah fokus menjalani pemusatan latihan persiapan SEA Games Myanmar 2013.

Untuk mengisi posisi kedua atlet tersebut, Sulsel menunjuk lima atlet yang sejauh ini menunjukkan perkembangan maksimal, yaitu Cahaya Pertama Fahrani, Suhartiwi, Jumasiah, Astriani dan Rahmiati.

Sekretaris Umum PTSI Sulsel Natsir, melihat peluang Sulsel melewati Lampung di semifinal masih terbuka lebar.

Namun tim Sulsel tetap diharapkan bisa tampil lebih tenang meski secara kualitas dinilai lebih baik.

Sikap optimistis itu juga karena atlet yang tampil juga memiliki modal berharga setelah tampil menjanjikan di kejurnas PPLM ataupun BIMP-EAGA 2012. A Ahdiat

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024