Makassar (ANTARA) - Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi mengikuti umrah haji pertama di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, yang digelar Kementerian setempat bersama pemerintah daerah.

“Sulsel merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki daftar tunggu haji terlama karena antusiasme masyarakat yang ingin menunaikan ibadah haji,” kata Ashabul Kahfi di Bantaeng, Kamis.

Ashabul Kahfi mengatakan bahwa manasik haji merupakan pelatihan pelaksanaan ibadah haji secara menyeluruh yang wajib diikuti oleh calon jemaah haji.

Ia mengemukakan manasik haji ini sangat penting sebagai bekal bagi para jamaah nantinya di Tanah Suci dalam menjalankan berbagai manasik haji.

“Manasik haji sebagai tuntunan dan tuntunan sehingga bisa memudahkan pelaksanaan ibadah haji nanti,” kata Ashabul Kahfi.

Sementara itu, Bupati Bantaeng Ilham Azikin bersyukur haji tahun ini bisa kembali normal kuotanya.

Ia mengatakan, kuota haji di kabupatennya bisa ditambah, khusus untuk lansia. Ia pun berharap bisa mendapatkan kuota lebih banyak lagi di masa mendatang.

“Mudah-mudahan ke depan jumlah kuota haji bisa meningkat khususnya di Kabupaten Bantaeng, apalagi daerah kita juara nasional dengan daftar tunggu terlama se-Indonesia yaitu 47 tahun,” ujarnya.

Ilham Azikin juga menyampaikan bahwa budaya di Arab Saudi berbeda dengan budaya di Indonesia dan Sulawesi, oleh karena itu beliau berpesan agar jamaah tetap menjaga sikap, menaati aturan, dan mengikuti setiap ketentuan yang ditetapkan pemerintah.

Berita ini juga telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ketua Komisi VIII DPR RI Hadiri Manasik Haji di Sulawesi Selatan

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024