Makassar (ANTARA Sulsel) - Ajang penghargaan tertinggi kepada perusahaan-perusahaan di Kota Makassar yang telah memberikan pelayanan terbaik dari pilihan masyarakat, "Master Service Award" kembali digelar untuk ketiga kalinya.

Marcomm Makassar Terkini, Jeanette AM di Makassar, Senin, melalui rilis, mengatakan penghargaan diberikan berdasarkan hasil survei yang diadakan oleh lembaga riset sosial dan pemasaran independen, Makassar Research.

Seiring dengan perkembangan, kini para penyedia jasa dituntut tidak hanya sekedar memberikan layanan yang sesuai dengan ekspektasi konsumen namun telah menjadi "beyond expectation" dari para konsumen.

Ini yang menjadi salah satu alasan Managing Director Makassar Terkini, Adhi Santoso untuk menggagas "Master Service Award" di Kota Makassar.

Project Manager Makassar Research, Andi Alamsyah Karim, menjelaskan, survei "Master Service Award" 2013 dilakukan di dalam wilayah Kota Makassar, melibatkan 1000 responden yang bermukim di 14 kecamatan.

Proses survei dilakukan dalam periode waktu antara bulan Maret 2013 hingga April 2013. Metode sampling yang digunakan adalah dengan Multistage Random Sampling.

Kriteria yang ditetapkan sebagai responden adalah penduduk tetap atau penduduk yang telah bermukim di Makassar lebih dari 12 bulan, pria atau wanita dengan usia antara 20 hingga 55 tahun dengan tingkat Social Economic Status (SES) antara SES E minimal pengeluaran Rp1.000.000 per bulan hingga SES A lebih dari Rp10.000.000 per bulan. Tahun ini, ada 53 kategori industri yang diriset.

Metodologi Penelitian menggunakan penelitian deskriptif yang dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh gambaran mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang prima.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui beberapa aspek pelayanan, diantaranya berdasarkan bentuk karakteristik fisik tempat penyedia pelayanan, kecepatan dan ketepatan proses pelayanan serta kualitas staf yang berinteraksi dengan pelanggan.

Ketiga parameter penelitian di atas digunakan untuk menentukan nilai/index terhadap sebuah pelayanan dengan menghitung nilai rata-rata pelayanan perusahaan terhadap nilai rata-rata dari keseluruhan industri dari tiap kategori. Nilai parameter ini dinamakan Master Service Index.

Kriteria yang ditetapkan Makassar Research dalam menentukan sebuah perusahaan berhak mendapatkan "Master Service Award" adalah Master Service Index di atas nilai rata-rata industri di kategorinya dan perusahaan-perusahaan yang menurut hasil riset berada pada urutan tiga teratas di kategorinya.

Malam puncak penganugerahan "Master Service Award 2013" ini akan diadakan pada hari Kamis, 4 Juli 2013 pukul 18.30 Wita, bertempat di Saoraja Ballroom, Wisma Kalla Makassar. Agus Setiawan

Pewarta : Riesmawan Yudhatama
Editor :
Copyright © ANTARA 2024