Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat mengharapkan Sulbar National Criterium Race jadi ajang pemicu kebangkitan pariwisata berbasis olahraga atau sport tourism di daerah itu.

"Ajang ini menjadi komitmen untuk menggeliatkan 'sport tourism' khususnya balap sepeda di Sulbar," kata Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Barat Muhammad Idris saat pembukaan Sulbar National Criterium Race 2023 yang digelar di Arteri Road Kabupaten Mamuju, Minggu.

Ajang Sulbar National Criterium Race 2023 tersebut dilaksanakan Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Sulbar bersama Dinas Pemuda dan Olahraga Sulbar.

Kegiatan itu merupakan ajang balap sepeda pertama dan terbesar yang dilaksanakan di Provinsi Sulbar yang pesertanya berasal dari berbagai daerah di Pulau Sulawesi dan Kalimantan.

Idris menyampaikan bahwa Sulbar National Criterium Race 2023 menjadi komitmen ISSI Sulbar untuk mendorong ajang selanjutnya yang akan dilaksanakan di tiap kabupaten di Sulbar.

"Mulai dari sini dulu karena harus jadi contoh. Kita akan canangkan berikutnya di Kabupaten Mamasa, tentu dengan tipe lombanya berbeda, misalnya 'downhill' atau 'cross country' dan segala macam yang sesuai dengan alamnya," ujarnya.

Balap sepeda, kata Muhammad Idris yang juga menjabat sebagai Ketua ISSI Sulbar, menjadi salah satu cabang olahraga terbaik untuk mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. 

Pada ajang SEA Games 2023, lanjutannya, kontingen balap sepeda Indonesia menjadi juara umum dengan perolehan lima medali emas.

"Kalau kita dorong dengan sekuat tenaga berbagai level yang ada, Insya Allah sepeda itu akan menjadi lumbung emas bagi ajang-ajang yang akan diselenggarakan ke depannya," ujar Idris.

Khusus untuk Sulbar, ia berharap Sulbar National Criterium Race 2023 akan menjadi ajang untuk menjaring atlet potensial, utamanya atlet yang berusia remaja, yang masih duduk di bangku SMP dan SMA.

"Kalau sepeda ini, untuk usia di atas SMA itu masuk ketegori lanjut usia. Kita harus mencari bibit mulai dari SMP,  paling tua itu kelas satu SMA. Minimal, semangatnya itu dulu yang kita bangun," katanya.

Sulbar National Criterium Race 2023 melombakan 14 kategori berdasarkan jenjang usia, yakni Men Elite usia 19 tahun, Women Open usia 19 tahun Men Junior usia 18 tahun dan Women Junior usia 18 tahun.

Kemudian, Master A usia 30 sampai 36.tahun, Master B usia 37 sampai 44 tahun, Master C usia di atas 45 tahun dan Folding Bike usia di atas 30 tahun. 

Pada ajang itu juga melombakan kategori siswa SMA putra/putri, pelajar SMP Putra/Putri serta ASN lokal Sulbar usia 25 sampai 49 dan ASN lokal Sulbar di atas 50 tahun.

Pewarta : Amirullah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024