Makassar (ANTARA) - Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Soppeng, Sulawesi Selatan meraih juara satu pada Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional 2023 yang diselenggarakan Batalyon Korps Taruna Politeknik Keselamatan dan Transportasi Jalan (PKTJ) Jawa Tengah.

Pembina KIR MAN 1 Soppeng, Azhar Hidayah yang dikonfirmasi, Rabu, mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan sejak 1 April hingga 14 Mei 2023 itu telah berjalan sukses dengan peserta dari MAN 1 Soppeng sebagai yang terbaik se-Indonesia.

"Alhamdulillah anak-anak berhasil menjadi yang terbaik dari seluruh peserta yang ikut bertanding,' ujarnya.

Azhar Hidayah menerangkan pada perlombaan itu, MAN 1 Soppeng mengutus Tim KIR Manesa sebagai peserta dalam ajang yang diketuai oleh Ahmad Akbar Zaini, dengan anggota masing-masing Regina Salsabilah, dan Irna Nurkahdijah dari kelas XI di bawah bimbingan dan asuhan Azhar Hidayah.

Dia mengatakan MAN 1 Soppeng yang merupakan salah satu madrasah riset di Indonesia mendapat undangan untuk mengikuti ajang bergengsi itu.

Pembina KIR MAN 1 Soppeng, Azhar Hidayah yang juga pernah menjuarai lomba KIR Nasional tahun 2022 mengungkapkan kegembiraannya setelah siswa bimbingannya berhasil keluar sebagai juara yang diumumkan secara daring usai melakukan presentasi.

"Syukur alhamdulillah anak-anak kami berhasil melalui beberapa tahapan yang cukup melelahkan tapi mereka tetap semangat dan ternyata mampu melewati tantangan demi tantangan tersebut. Mereka luar biasa. Walaupun ada perasaan was-was ketika presentasi dan menunggu pengumuman hasil penilaian yang disampaikan secara daring," katanya.

Kepala MAN 1 Soppeng Musmuliadi juga menyampaikan rasa bangganya atas torehan prestasi peserta didiknya yang telah mengharumkan nama Madrasah dan Kementerian Agama (Kemenag) Sulsel serta Kabupaten Soppeng.

"Alhamdulillah, hadza min fadhli rabbiy, segala puji bagi Allah yang telah memberikan nikmat luar kepada kami, saya sangat merasa bangga dan terharu atas prestasi anak-anak kami. Ini semakin menunjukkan bahwa madrasah dengan tagline mandiri dan berprestasi, hebat bermartabat kembali memberikan bukti," terang dia.

Musmuliadi mengaku jika prestasi yang ditorehkan anak didiknya itu adalah prestasi kesekian kalinya diraih MAN 1 Soppeng di level nasional karena sejak 2019 dalam bidang lomba karya ilmiah remaja (LKIR) sudah berhasil menjadi juara.

Ia pun berharap anak didiknya itu bisa bersaing dan menjadi juara di level internasional.

Karya tulis mengangkat tema "Transportasi Jalan Yang Berkeselamatan dan Ramah Lingkungan", dengan beberapa sub tema antaranya Rekayasa Managemen Lalu Lintas, Desain Tanggap Darurat Kecelakaan Lalu Lintas, Desain Infrastruktur Jalan Yang Berkeselamatan, Inovasi Teknologi Transportasi Jalan Yang Berkeselamatan, dan Hazard Identification Risk Assessment.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024