Mamuju (ANTARA) - Tim seleksi (Timsel) segera membuka penerimaan calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada enam kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

Anggota Timsel Sulfan Sulo di Mamuju, Sabtu, mengatakan pendaftaran calon anggota Bawaslu enam Kabupaten di Sulbar, yakni Kabupaten Mamuju, Mamuju Tengah, Pasangkayu, Mamasa, dan Kabupaten Polewali Mandar (Polman),  dilaksanakan pada 22-27 Mei 2023.

"Untuk tahapan selanjutnya seperti pemeriksaan berkas akan dilaksanakan pada 29 Mei sampai 7 Juni 2023," ujarnya.

Selanjutnya, tahapan perbaikan/kelengkapan berkas lalu pengumuman hasil seleksi berkas dari calon anggota Bawaslu dijadwalkan 20 Juni 2023.

Setelah itu, bagi calon anggota Bawaslu yang lulus seleksi berkas akan melaksanakan tes tertulis pada 21 Juni sampai 23 Juni 2023, dan mengikuti tes psikologi pada 26 Juni sampai 28 Juni 2023.

Pengumuman tes tertulis dan tes psikologi dijadwalkan pada 3 Juli 2023.

"Akan ada tahapan terima masukan dan tanggapan masyarakat dari hasil tes tulis dan psikologi itu," katanya.

Ia menyampaikan bahwa setelah lolos tahapan tes tulis dan psikologi, selanjutnya tes kesehatan yang akan dilaksanakan pada 4-6 Juli 2023 dan tes wawancara pada 7-12 Juli 2023.

"Setelah itu tim seleksi akan mengumumkan sepuluh besar calon anggota Bawaslu enam kabupaten yang lulus hingga tes kesehatan dan wawancara, untuk mengikuti tahapan selanjutnya yang akan dilaksanakan Bawaslu RI," katanya

Sulfan menambahkan, Timsel akan melaksanakan tugas sesuai dengan aturan yang berlaku serta menjaga integritas dan independensi.

"Dalam melaksanakan tugas akan kami laksanakan sesuai dengan aturan serta  tidak akan bersedia diintervensi pihak manapun," katanya.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024