Mamuju (ANTARA Sulsel) - Kepala Dinas Pengelolaan Kekayaan dan Aset Daerah Kabupaten Mamuju, Amin Jasa, disusulkan menjadi penjabat sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) oleh bupati setempat.

"Bupati Mamuju Tengah Dr Junda Maulana telah mengajukan agar saudara Amin Jasa diangkat menjadi penjabat sementara Sekda di daerah hasil pemekaran Kabupaten Mamuju ini," kata Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Drs.H.Ismail Zainuddin di Mamuju, Kamis.

Menurutnya, usulan pengangkatan Amin Jasa menjadi penjabat sementara Sekda Mateng telah disetujui oleh Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh, dalam rangka mendorong terselenggaranya pemerintahan di Daerah Otonom Baru (DOB) Mateng yang penjabat bupatinya baru dua hari sebelum Ramadhan dilantik.

"Pak gubernur telah menyetujui usulan pengangkatan Amin Jasa selaku penjabat sekda untuk sementara waktu hingga menunggu ada pejabat sekda definitif," ungkap Ismail.

Karena itu, kata dia, Bupati Mamuju Tengah juga diharapkan setelah ini ikut mempersiapkan tiga nama untuk mengikuti proses uji kelayakan dan kepatutan calon sekda definitif.

Hasil seleksi uji kelayakan dan kepatutan, kata dia, selanjutnya akan disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) guna ditetapkan oleh Mendagri Gamawan Fausi siapa yang dipilih menjadi sekda definitif di kabupaten keenam di Sulbar ini.

Saat ini, kata Ismail, Penjabat Bupati Mateng Junda Maulana telah mempersiapkan segala sesuatunya agar roda pemerintahan di wilayahnya bisa berjalan maksimal.

Bupati Mateng Junda Maulana sebelumnya menyampaikan, telah memanfaatkan momentum Ramadhan dengan melakukan sosialisasi dalam hal penyelenggaraan pemerintahan di daerah hasil pemekaran kabupaten Mamuju itu.

"Amanah yang diberikan selaku Pj Bupati Mateng tentu tidak mudah. Langkah awal yang akan saya lakukan dalam waktu dekat yakni sosialisasi dan melakukan persiapan pembentukan kelembagaan pemerintahan di bulan Ramadhan ini," kata Junda.

Menurut dia, persiapan pembentukan kelembagaan menjadi agenda pertama dalam rangka percepatan optimalisasi pelayanan kepada masyarakat.

Junda yang sebelumnya menjabat kepala Bappeda Mamuju, minta minta dukungan semua stakholder, tokoh masyarakat, Pemkab Mamuju dan Pemprov Sulbar.

"Saya tidak memiliki arti banyak untuk melaksanakan tugas pemerintahan tanpa ada dukungan masyarakat di daerah Mateng," ungkap Junda.

Ia menyampaikan, ada empat tugas yang akan dilaksanakan yakni membentuk kelembagaan, mempersiapkan DPRD dan melaksanakan pemilu 2014 hingga pelaksanaan pilkada di Mateng. T Susilo

Pewarta : Aco Ahmad
Editor :
Copyright © ANTARA 2024