Makassar (ANTARA Sulbar) - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Gelombang 86 Universitas Hasanuddin, Makassar, menggelar aksi penanaman pohon di Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur, Sulsel.

"Kegiatan tersebut merupakan program penanaman 1.000 pohon bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat dan Kodam VII/Wirabuana," kata Rektor Universitas Hasanuddin Prof Dr dr Idrus A Paturusi menanggapi hasil kunjungannya ke lokasi KKN di Soroako, Kab. Lutim, Sulsel, Senin.

Dia mengatakan, kegiatan penanaman pohon itu merupakan salah satu bentuk kepedulian lingkungan mahasiswa bersama pihak terkait.

Adapun pohon yang ditanam di antaranya eboni (kayu hitam), pohon cemara, trembesi, mahoni dan pohon Johar. Berbagai jenis bibit pohon itu juga akan disebarkan ke desa-desa di wilayah Kecamatan Malili yang diantaranya meliputi Desa Puncak Indah, Desa Baruga, Desa Wewangriu, Desa Ussu dan Desa Atue.

Dalam kunjungan Rektor Unhas dan rombongan tersebut, juga menghadiri program layanan kesehatan yang digelar di Desa Ledu-ledu yang merupakan bagian dari Lutim.

"Di lokasi itu diadakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat dan antusiasme warga terbilang tinggi mengikuti pengobatan dan cek kesehatan," katanya.

Menurut dia, salah satu bentuk aplikasi dari Tridarma perguruan tinggi adalah pengabdian pada masyarakat. Dalam hal ini mahasiswa yang berKKN di suatu wilayah berperan menjalankan misi tersebut.

Sedangkan program penanaman pohon yang dilakukan mahasiswa KKN Unhas adalah bagian dari kegiatan pemerintah daerah setempat dan intansi terkait.  T Susilo

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024