Mamuju (ANTARA) - Polda Sulawesi Barat akan memberdayakan peran pengamanan masyarakat swakarsa (Pam Swakarsa) untuk mewujudkan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) menjelang Pemilu 2024.

"Kita maksimalkan peran Pam Swakarsa untuk mewujudkan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat jelang Pemilu 2024," kata Wakapolda Sulbar Brigjen Polisi Rachmat Pamudji pada acara pembentukan dan pembinaan Pam Swakarsa di Aula Marannu Polda Sulbar, Senin.

Pembentukan dan pembinaan Pam Swakarsa, menurut dia,  dalam rangka mendukung terciptanya kamtibmas yang kondusif menjelang Pemilu 2024.

Ia menjelaskan Pam Swakarsa merupakan konsep pengamanan yang akan berperan aktif dalam mewujudkan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang pesta demokrasi tahun depan..

"Peran Pam Swakarsa ke depan sangat diharapkan agar dapat betul-betul memaksimalkan upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, khususnya di masa demokrasi mendatang," ujar Rachmat.

Wakapolda juga menjelaskan maksud dari Pam Swakarsa adalah bentuk pengamanan yang dilakukan pengemban fungsi kepolisian yang dibentuk atas dasar kemauan, kesadaran dan kepentingan masyarakat sendiri.

"Tentunya, semua mendapat pengukuhan dari Polri. Pembentukan Pam Swakarsa bertujuan baik untuk menciptakan suasana kondusif di tengah masyarakat," ujarnya.

Dia mengatakan Polri nantinya melibatkan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban, khususnya mencegah harkamtibmas sebagai upaya serta membantu tugas Polri.

"Jadi, nantinya masyarakat dilibatkan secara langsung dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban. Hal ini tentu akan sangat membantu Polri dalam menjaga kamtibmas tetap kondusif di tengah masyarakat," ujar Rachmat.

Pewarta : Amirullah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024