Makassar (ANTARA) - Komisi Informasi (KI) Sulawesi Selatan turut meningkatkan kapasitas 77 pejabat Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar melalui Bimbingan Teknis peningkatan kapasitas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan penyusunan daftar informasi publik di Selayar.

Bimtek Pejabat PPID Kepulauan Selayar ini digelar oleh Bidang Humas dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo SP selama tiga hari, 7-9 Juni 2023.

"Kami sudah melaksanakan pra tes dan post test. Kami menilai peserta sudah hampir sempurna pemahamannya terkait esensi keterbukaan informasi publik. Nilai yang dihasilkan peserta rata-rata 86-90 merupakan nilai tertinggi sejauh ini,” ujar Pihak Komisi Informasi Sulawesi Selatan Fauziah Erwin melalui keterangannya di Makassar, Jumat.

Sebagai narasumber, Fauziah mengungkapkan selama tiga hari peserta tidak hanya menjadi peserta pasif, namun peserta didorong untuk mengasah ketrampilan dan mengubah paradigma.

Ia optimistis setelah bimtek digelar, peserta mampu melakukan penyusunan daftar informasi publik, atau melakukan uji konsekuensi untuk menyelesaikan informasi yang dikecualikan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar.

Selain itu, juga bisa mendukung Kabupaten Kepulauan Selayar menjadi kabupaten yang informatif ke depannya.

Bimtek yang diselenggarakan atas kerja sama dengan USAID Erat ini ditutup secara resmi oleh Wakil Bupati Kepulauan Selayar Saiful Arif didampingi Kepala Dinas Kominfo SP Drs Ahmad Yani.

Saiful Arif mengatakan bimtek yang diikuti oleh 77 peserta dari para Sekretaris OPD didampingi operator itu merupakan bimtek peningkatan kapasitas, bukan hanya untuk pribadi atau perorangan, melainkan untuk peningkatan kapasitas unit kerja dan Lembaga OPD masing-masing.

"Muara dari pelatihan ini adalah dapat mengangkat Kabupaten Kepulauan Selayar dari tidak informatif menjadi agak bahkan melompat menjadi informatif," kata dia.

Adapun peserta terbaik pada pelaksanaan bimtek tersebut diraih oleh Sekretaris Dinas PU dan Tata Ruang Selayar Zultandar Zulkarnain, sehingga mendapatkan piagam penghargaan yang diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Kepulauan Selayar.*

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024