Mamuju (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sulawesi Barat Zudan Arif Fakrulloh memanfaatkan momentum pengukuhan Dewan Pengurus Korpri Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Jakarta, Jumat, untuk mempromosikan potensi daerah, sekaligus mengajak para investor agar menanamkan modalnya.

"Saya sebagai Penjabat Gubernur, mengundang para investor agar berinvestasi di Sulbar," kata Zudan Arif Fakrulloh pada momentum pengukuhan Dewan Pengurus Korpri KKP itu, sebagaimana dituangkan dalam rilis yang diterima di Mamuju.

Pengukuhan pengurus Korpri KKP itu dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

Zudan yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengurus Korpri Nasional itu memanfaatkan momentum tersebut untuk mempromosikan berbagai potensi yang dimiliki daerah itu, .

Ia menyampaikan bahwa salah satu yang dapat digarap di Sulbar yakni Pelabuhan Palipi di Kabupaten Majene yang berpotensi untuk pembangunan pelabuhan, cold storage, perhotelan, rest area serta tempat wisata. 

"Kita ada lahan yang cukup luas untuk pelabuhan di Palipi. Kalau ada investor atau ada dari KKP,  kami dengan senang hati untuk mengembangkan pelabuhan, cold storage, pariwisata, perhotelan serta rest area," ujarnya.

Apalagi, lanjutnya, Sulbar sebagai daerah yang bertetangga Ibu Kota Negara (IKN), sangat strategis dalam menyuplai setiap kebutuhan pembangunan di IKN, baik material termasuk kebutuhan ikan, buah buahan dan pangan lainnya. 

Selain itu, ada bahan tambang batu kuarsa, pasir laut serta berbagai potensi kekayaan alam lainnya.

"Sulbar adalah provinsi berbatasan langsung dengan IKN. Sehingga, suplai makanan dari Sulbar akan sangat banyak untuk pembangunan IKN. Mohon yang ingin berinvestasi di sana kami siap fasilitasi," ujar Zudan.

Terkait pelantikan Dewan Pengurus Korpri KKP,  Zudan mengatakan salah satu dasar dibentuknya organisasi Korpri adalah menjaga NKRI, dan salah satu tugas utama adalah mensejahterakan ASN. 

Ia juga menyampaikan bahwa Pekan Olah Raga Nasional (Pornas) Korpri bakal dipusatkan di Semarang Jawa Tengah, pada 14 Juli 2023. 

'Saat ini telah terdaftar 96 dan rencananya akan dihadiri kurang lebih 7.000 peserta," katanya.

Ia berharap Dewan Pengurus Korpri KKP meningkatkan silaturahmi dengan seluruh ASN di Indonesia melalui Pornas Korpri. 

"Tingkatkan silaturahmi kita pada Pornas, di Semarang," ujar Zudan Arif Fakrulloh.

Sementara itu, Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono berharap dengan dikukuhkannya Dewan Pengurus Korpri KKP maka diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik, digitalisasi birokrasi, perlindungan karir ASN serta peningkatan kesejahteraan ASN di lingkup KKP. 

"Dewan Pengurus Korpri KKP harus bisa jadi organisasi yang kondusif untuk lahirnya integritas dan inovasi. Hendaknya bekerja dengan ikhlas dan melahirkan inovasi serta solusi atas permasalahan yang terjadi," ujarnya.

Pewarta : Amirullah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024