Makassar (ANTARA) - Kalla menggandeng Universitas Airlangga (Unair) dalam menggelar temu wicara kesehatan dengan tema “Penerapan Gaya Hidup Sehat Sebagai Upaya Pencegahan Sindroma Metabolik dan Kelelahan Kerja” untuk mencegah kelelahan kerja.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan pengecekan kesehatan kepada Insan Kalla di Wisma Kalla, Makassar, pada  4-6 Juli 2023.

Dosen & Peneliti Departemen Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unair Dominikus Raditya Atmaka di Makassar, Kamis, mengemukakan secara garis besar hasil dari pemeriksaan menunjukkan sejumlah responden mengarah ke sindroma metabolik karena gaya hidup yang kurang baik.

Adapun pemeriksaan kesehatan yang dilakukan, antara lain pemeriksaan kelelahan fisik, pemeriksaan biokimia darah (glukosa, asam urat dan kolesterol), pemeriksaan komposisi tubuh (persentase lemak dan otot), penilaian kebiasaan makanan, dan penilaian stres bekerja.

“Dengan adanya pemeriksaan kesehatan ini, Insan Kalla bisa meningkatkan gaya hidup yang lebih sehat," kata dia. Seperti, lanjut dia, pola makan yang seimbang (tidak tinggi gula, garam, dan lemak), menjaga kualitas tidur, meningkatkan aktifitas fisik lebih dari 150 menit per minggu, dan menjaga kesehatan mental.

Dosen & Peneliti Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) FKM  Unair Shintia Yunita Arini menambahkan pemeriksaan yang dilakukan dapat memperlihatkan seberapa banyak massa lemak dan penumpukan lemak pada organ tubuh.

“Hasil pemeriksaan menunjukkan kekuatan otot dan kelebihan lemak pada tubuh," ungkapnya.

Sementara itu People Operation Division Head Kalla, Muh. Syauki menjelaskan pihaknya tidak hanya sebatas memberikan kesempatan kepada Insan Kalla untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, tetapi juga memfasilitasi mereka bergabung pada berbagai komunitas olahraga di grup usaha tersebut, seperti tenis, basket, sepak bola, dan bulu tangkis. 

"Selain itu ada  Happy Hour Programme yang menghadirkan temu wicara terkait keluarga, parenting, kesehatan dan kebugaran, sehingga mereka dapat memiliki kesehatan dan kehidupan yang lebih berkualitas,” ucapnya.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024