Makassar (ANTARA) - Seratusan pebalap dari berbagai daerah di Indonesia ikut ambil bagian dalam Kejuaraan Provinsi putaran ke-3 Dirgantara Motokart Dragrace 2023 di Taxy Way Charlie, Lapangan Udara Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, 8-9 Juli.

"Kami merasa senang dapat memfasilitasi kegiatan positif ini. Tentunya, bermanfaat bagi semuanya apalagi kita bisa menjaring talenta lokal muda berbakat untuk berprestasi di ajang nasional dan internasional," ujar Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Benny Arfan di Maros, Sabtu.

Ia pun menyampaikan apresiasi dan kebanggaan atas terlaksananya kegiatan tersebut karena peserta tidak hanya dari Sulsel saja tapi dari luar provinsi seperti Kalimantan, Jawa, dan Papua.

"Malah saya dengar ada pebalap dari Papua menyempatkan hadir, dari Manado, Kendari, dan juga Surabaya. Hal itu menunjukkan kepercayaan dunia balap nasional kita terhadap Kabupaten Maros," papar Danlanud disela membuka kejuaraan.

Ia berharap kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin di Kabupaten Maros sehingga secara tidak langsung dapat menggerakkan roda perekonomian di wilayah setempat.

Pembukaan Kejuaraan Provinsi putaran ke-3 bertajuk Dirgantara Motokart Dragrace 2023 tersebut juga dihadiri Bupati Maros Chaidir Syam. Keduanya berkesempatan turut mencoba trek yang digunakan para pebalap sebelum berlomba.

  . Dua peserta adu cepat di lintasan balap dalam Kejuaraan Provinsi putaran ke-3 bertajuk Dirgantara Motokart Dragrace 2023 yang berlangsung 8-9 Juli 2023, di Taxy Way Charlie, Lapangan Udara Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Sabtu (8/7/2023). ANTARA/HO-Dokumentasi Humas Lanud Hasanuddin.

Bupati Maros Chaidir Syam juga memberikan dukungan dan apresiasi kepada seluruh peserta dan berterima kasih kepada Lanud Sultan Hasanuddin yang membuka ruang bagi para pecinta otomotif untuk melaksanakan kejuaraan tersebut di kawasan yang representatif.

Kejuaraan Provinsi Dirgantara Motokart Dragrace 2023 Lanud Sultan Hasanuddin juga terlaksana atas kerja sama antara Pemkab Maros, Motokart Racing, Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sulsel, dan Pertamina.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Bulan Dirgantara dalam rangka peringatan HUT ke-77 TNI Angkatan Udara pada 9 April dan Hari Bakti TNI Angkatan Udara pada 29 Juli.

Sirkuit di Lanud Sultan Hasanuddin merupakan satu-satunya trek yang memenuhi persyaratan dari IMI untuk adu cepat kendaraan di lintasan lurus dan pendek.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024