Makassar (ANTARA) - Ribuan atlet siap bersaing menjadi yang terbaik pada Pekan Olahraga Kota (Porkot) VIII Makassar di Makassar, Sulsel, 22-30 Juli.

Ketua KONI Makassar Ahmad Susanto di Makassar, Sabtu, mengatakan ribuan atlet yang berasal dari 15 kecamatan di Kota Daeng itu akan tampil pada 46 cabang olahraga yang terdiri dari 27 cabang olahraga kompetisi resmi, 10 cabang olahraga eksibisi, dan sembilan cabang olahraga expo.

"Seluruh atlet terus fokus mematangkan kemampuan di daerah masing-masing di bawah pengawasan camat sebagai penanggung-jawab kontingen," ujarnya.

Ia mengatakan, Porkot VIII Makassar membuka ruang sebesar-besarnya bagi atlet dari setiap kecamatan untuk menunjukkan kemampuannya.

KONI Makassar bahkan melibatkan tim talent scounting yang akan menilai dan memilih atlet-atlet yang diyakini bisa bersaing di tingkat nasional hingga internasional.

"Kami mengajak atlet dari setiap sekolah, setiap lorong-lorong untuk memanfaatkan peluang berprestasi dalam olahraga," ujarnya.

Rangkaian Porkot VIII 2022 mulai digelar Sabtu, salah satunya meluncurkan maskot dan lagu baru.

Maskot Porkot ke VIII bernama Jukuja yang merupakan singkatan dari 'Juku Eja'. Juku Eja merupakan hewan dan sumber protein ikonik bagi masyarakat Makassar. Juku (ikan) juga merupakan kuliner favorit di Makassar.

"Kami menjadikan Jukuja sebagai maskot Porkot VIII Makassar sebagai pembuktian bahwa KONI Makassar sangat mendukung program Wali Kota Makassar menjadikan Makassar sebagai Kota Makan Enak di Indonesia," kata Ahmad Susanto.

Selain itu, Road to Porkot 2023 ini juga dirangkaikan dengan berbagai kegiatan seperti sosialisasi "One Student One Sport", talkshow, lomba senam aerobik serta final pemilihan Duta Pekan Olahraga Kota VIII 2023.

Ada pula pemberian bonus prestasi untuk atlet peraih medali SEA Games 2023, pemberian bonus cabang olahraga berprestasi serta pemberian bonus pelatih dan atlet pemecah rekor Porprov 2022.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024