Makassar (ANTARA) - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Papua KH Yusuf Islam Al Payage menyambut langsung 384 haji Kloter 8 asal Papua yang baru tiba di Makassar setelah menunaikan rukun Islam yang kelima di Tanah Suci Makkah.

"Ini jamaah haji kloter yang kedua asal Papua. Kalau yang kloter pertama sudah diterima sehari sebelumnya dan kalau masuk urutan kloter Embarkasi/Debarkasi UPG Makassar itu yang ketujuh dan kedelapan," ujarnya di Makassar, Senin.

Pada prosesi penerimaan dan penyerahan jemaah Kloter 8 oleh PPIH Debarkasi Makassar yang digelar di aula Arafah Asrama Haji Makassar, Yusuf Islam Al Payage meminta diberi kesempatan untuk mendoakan jamaah Papua.

Sebelum membacakan doa, Yusuf Islam menyebut jamaah haji asal Papua telah menyempurnakan rukun Islam-nya. Mereka telah mengucapkan dua kalimat syahadat, melaksanakan salat, berpuasa, berzakat dan terakhir melaksanakan ibadah haji.

Mereka telah menyempurnakan rukun Islam-nya, sehingga jika sewaktu-waktu dipanggil oleh Allah SWT, insya Allah husnul khatimah. Saya mendoakan seluruh jamaah yang telah melaksanakan ibadah haji menjadi haji mabrur-mabrurah,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kementerian Agama Provinsi Papua, Syamsuddin mewakili Pemerintah Provinsi Papua mengatakan kehadirannya bersama jajaran pejabat Kanwil Kemenag Papua dalam rangka bersilaturahmi, menyapa dan menyambut kedatangan jamaah haji Kloter 8 Debarkasi Makassar.

“Untuk itu kami mengucapkan terima kasih dan permohonan maaf kepada PPIH Embarkasi-Debarkasi Makassar yang telah dengan sungguh-sungguh mempersiapkan segala hal, mulai dari proses perencanaan pemberangkatan dan pemulangan hari ini hingga 1 bulan ke depan,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris PPIH Embarkasi-Debarkasi UPG Makassar Ali Yafid menyampaikan bahwa jamaah Kloter 8 ini berjumlah 391 orang, dengan rincian 384 orang asal Papua ditambah dua orang  asal Kabupaten Bone yang mutasi masuk dan seorang tanazul dari Kloter 22, serta lima orang petugas kloter. Tercatat satu orang haji dari kloter ini meninggal  di Tanah Suci atas nama Jumatia Muh Nur.

Ali Yafid juga mengungkapkan terdapat tiga peserta haji Kloter 8 yang tanazul ke Kloter 6, yaitu Ummi Kalsum Muhammad Ali asal Kabupaten Sinjai, Andi Agustina Andi Makkasau juga dari Kabupaten Sinjai, serta Hadijah Ahmad Busri asal Kota Makassar.

Pesawat Garuda Indonesia Airways GIA 1208 yang menerbangkan jamaah haji Kloter 8 ini mendarat di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar pada Senin pukul 11.05 WITA, tiba 30 menit lebih awal dari jadwal semula 11.35 WITA.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024