Mamuju (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sulawesi Barat Zudan Arif Fakrulloh mengajak para pemuda di daerah itu agar menjadi generasi anti-narkoba.

"Saya mengajak para pemuda di Sulbar agar tidak terjerumus ke hal negatif, terutama dalam hal penyalahgunaan narkoba," kata Zudan Arif Fakrulloh, pada sosialisasi pemuda anti-narkoba di Graha Sandeq, Komplek Rujab Gubernur Sulbar, Senin.

Awal pemuda terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba menurut Zudan Arif Fakrulloh, adalah ingin mencoba-coba lalu mendapatkan tawaran atau iming-iming sebagai pengedar narkoba, namun tidak berpikir dampak yang ditimbulkan, baik terhadap diri sendiri maupun orang di sekitar.

Salah satu solusi menghindari perbuatan negatif penyalahgunaan narkoba menurut Zudan Arif Fakrulloh, adalah melalui aktivitas berorganisasi

"Jadilah generasi aktif di olahraga, aktif di komunitas, kemudian banyak bekerja bersama-sama dengan orang tua. Aktif di dalam berbagai organisasi itu penting," ujar Zudan Arif Fakrulloh.

Pada kesempatan itu, Penjabat Gubernur juga berpesan agar pemuda bisa membahagiakan orang tua, salah satunya dengan tidak memakai narkoba.

"Memakai narkoba pasti membuat orang tua kita akan susah dan menjadi menderita. Jadi, itu yang saya minta," ujar Zudan Arif Fakrulloh.

Sementara, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulbar Safaruddin Sanusi mengatakan, dengan hadirnya sejumlah organisasi kepemudaan diharapkan menjadi ujung tombak dalam melakukan sosialisasi memerangi narkoba di Sulbar.

Begitupun pemerintah lanjutnya, berkomitmen hadir memberikan motivasi kepada masyarakat agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba.

"Selain peran orang tua, dari pemerintah juga akan turun bersama-sama sampai di tingkat kelurahan melakukan langkah-langkah pencegahan," kata Safaruddin Sanusi.*

Pewarta : Amirullah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024