Makassar (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Besar Makassar memberikan edukasi tentang pencegahan kenakalan remaja termasuk bahaya dan dampak penyalahgunaan narkotika kepada para siswa SMA Negeri 1 Makassar agar tidak terjerumus yang berakibat merusak masa depan. 

"Permasalahan yang ada di masyarakat yaitu penggunaan narkoba dan obat terlarang jangan sampai terpengaruh oleh orang lain. Dan jangan sampai ikut dengan teman-teman anda di luar sana," ujar Kapolrestabes Makassar Mokhamad Ngajib di SMA Negeri 1 Makassar, Senin. 

Ia menekankan dampak narkotika sangat besar bagi masa depan anak remaja, sehingga diperlukan upaya keras melawan dan memerangi narkotika mulai dari lingkungan sekolah hingga lingkungan tempat tinggal. 

Selain itu, langkah pencegahan terus dilakukan dengan tidak mencoba-coba narkoba serta melaporkan apabila menemukan adanya transaksi narkotika di lingkungan sekitar guna menyelamatkan orang lain dari pengaruh barang terlarang tersebut. 

Tidak hanya narkoba, pemicu kerusakan remaja lainnya adalah minuman keras yang dapat memicu peminumnya berbuat kriminal saat terpengaruh karena merasa benar tapi akal sehat sudah normal.  

" Jangan sampai ikut-ikutan dengan teman anda di luar sana seperti minum 'ballo' (miras) atau minuman sejenis beralkohol, karena itu sumber dari permasalahan dan akan muncul perbuatan kriminal," ujarnya.

Dalam menghadapi permasalahan di masyarakat, kata dia, tentu ada kenakalan remaja. Namun ia berharap agar  jangan sampai ikut terlibat tawuran, perang antarkelompok hingga penggunaan sepeda motor yang masih di bawah umur karena itu melanggar hukum.  

Kenakalan remaja yang lainnya, lanjut mantan Kapolres Kota Palembang ini, saat ini era digital banyak remaja menggunakan gadget atau ponsel android dengan mengakses internet secara bebas bahkan menonton konten negatif.  

"Di era digital ini jangan digunakan ke arah tidak benar yang negatif, jadilah pengguna digital yang cerdas. Bahkan ada pula di usia 17 tahun sudah terpengaruh dengan paham radikalisme, ini yang kita cegah bersama. Saya menginginkan anak-anakku di SMA 1 Makassar ini berhasil semua, sama seperti senior kalian jadi ketua DPRD, pejabat dan lainnya," ujarnya.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024