Makassar (ANTARA) - Sebanyak 33 Anggota Pramuka Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan akan mengikuti Raimuna Nasional XII tahun 2023 di Buperta Cibubur, Jakarta Timur, 7 Agustus mendatang.

Bupati Sidrap Dollah Mando yang juga merupakan Ketua Kwarcab Pramuka Sidrap, melepas kontingen pramuka asal Sidrap pada Apel Besar Hari Pramuka ke-62 tingkat kabupaten di Sidrap, Kamis.

Kwarcab Pramuka Sidrap akan mengirim 33 anggota pramuka terdiri 16 putra dan 17 putri. Kontingen didampingi seorang pembimbing yang akan mengikuti puluhan anggota Pramuka tersebut ke Raimuna Nasional 2023.

Dollah Mando menyebutkan peserta merupakan putra-putri terbaik dan terpilih dari seluruh wilayah di Kabupaten Sidrap. Mereka melalui serangkaian proses seleksi ketat yang dilakukan di kota hingga pelosok.

"Artinya mereka telah siap membanggakan Sidenreng Rappang di kancah nasional dan menjadi perwakilan Sulsel dalam ajang youth talent di panggung Nusantara Raimuna Nasional," kata Dollah.

Sekaitan Hari Pramuka ke-62 yang diperingati 14 Agustus 2023, Dollah Mando menyampaikan tema yang diusung yakni "Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Prosporsional".

"Dalam artian, harapan besar bangsa Indonesia kepada gerakan pramuka dapat melahirkan kader-kader pemimpin bangsa masa depan yang memiliki kualitas dan mutu seimbang untuk mengambil peran dalam melanjutkan cita-cita besar bangsa Indonesia," urainya.

Selanjutnya, Dollah Mando berharap gerakan Pramuka di Sidrap tetap menjadi organisasi yang positif, independen, produktif dan organisasi yang senantiasa menggodok keterampilan para pemuda dan pemudi.

"Jadikanlah wadah organisasi ini untuk terus berkarya dan berkreativitas dengan tetap mengedepankan prinsip kecerdasan dan pendidikan karakter serta melibatkan tri satya dan dasa darma dalam keseharian," ujarnya berharap.

Apel Besar Hari Pramuka dan pelepasan kontingen Raimuna Nasional turut dihadiri Kapolres Sidrap, AKBP Erwin Syah, Wakil Ketua Kwarcab Sidrap dan Rohady Ramadhan. Turut hadir pula para Kepala SKPD selaku anggota majelis pembimbing, pengurus kwarcab, serta para orang tua peserta Raimuna Nasional kontingen Kabupaten Sidrap.
  Bupati Sidrap Dollah Mando saat melepas 33 anggota Pramuka untuk mengikuti Raimuna Nasional yang akan digelar di Jakarta pada 7 Agustus mendatang. Mereka dilepas pada Apel Besar Hari Pramuka ke-62 tingkat kabupaten di Sidrap, Kamis (3/08/2023). ANTARA/HO-Humas Pemkab Sidrap

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024