Makassar (ANTARA) - Kantor Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Provinsi Sulawesi Selatan melalui Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Makassar menyiapkan ratusan kuota untuk layanan pengurusan Paspor merdeka.

"Pelayanan kemudahan pengurusan Paspor ini dalam rangkaian peringatan hari ulang tahun Kemenkumham ke-78 dan HUT Sulsel ke-354, sekaligus hari kemerdekaan RI, kita siapkan 200 kuota bagi masyarakat," kata Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulsel Jaya Saputra di sela pelayanan paspor merdeka di Baruga Pattingaloang Rujab Gubernur Sulsel Jalan Sungai Tangka Makassar, Sabtu.

Ia menjelaskan, kegiatan ini terlaksana atas sinergitas antara Kakanwil Kemenkumhan Sulsel Liberi Sitinjak bersama Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dan berlangsung aman dan lancar.

Untuk pelayanan paspor bagi masyarakat di beri kemudahan oleh petugas Imigrasi dengan turun langsung memberikan layanan pembuatan paspor secara Walkin tanpa harus mendaftar Online sebagaimana ketentuan pembuatan Paspor yang seharusnya.

Selain itu, pelaksanaan pembuatan paspor sengaja pada hari libur di Rumah Jabatan Gubernur, namun demikian semua prosedur yang dijalankan tetap sama saat mengurus Paspor di Kantor Imigrasi.

Jaya Saputra mengingatkan masyarakat yang memiliki Paspor harus bertanggungjawab terhadap dokumen perjalanannya tersebut agar tidak disalahgunakan.

"Bijaksanalah dalam menggunakan paspor dan bertanggungjawab terhadap penggunaannya serta tidak mudah terperdaya akan bujuk rayu oknum yang menawarkan pekerjaan di luar negeri. Jika ingin bekerja di luar negeri ikuti prosedur yang ada," paparnya.

Asisten Pemerintahan Dan Kesra Muhammad Rasyid yang mewakili Gubernur Sulawesi Selatan pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi atas terselenggara-nya kegiatan tersebut.

"Pelayanan Paspor merdeka ini memberikan kemudahan akses dan pelayanan yang efisien bagi masyarakat Sulsel dalam mengurus Paspor," katanya

Menurut dia, Pemerintah dan Lembaga Publik lainnya saat ini terus berupaya memberikan pelayanan Publik yang maksimal melalui berbagai upaya, Salah satunya melalui layanan Paspor merdeka oleh Kanim Makassar.

Sementara itu, Kepala Kanim Makassar Agus Winarto menambahkan pelayanan Paspor merdeka ini merupakan wujud nyata kehadiran Negara dalam memberikan pelayanan Pada masyarakat khususnya Kanim Makassar.

"Layanan Paspor merdeka ini, sebagai Salah satu upaya Kanim Makassar Untuk lebih mendekatkan layanannya Pada masyarakat," kata Kakanim Makassar

Agus Winarto menjelaskan layanan ini dilaksanakan secara serentak di 126 Kantor Imigrasi seluruh Indonesia. Layanan tersebut sengaja dilaksanakan hari Sabtu agar masyarakat yang tidak berkesempatan hadir mengurus Paspor di hari kerja dapat mengurus Paspor di hari ini.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024