Makassar (ANTARA Sulsel) - Atlet muda Sulawesi Selatan Amanda Salsabila akan memperkuat Tim Indonesia menghadapi Kejuaraan Ski Air dan Wakeboard Asian Nautique Championship 2013 di Danau Sunter, Jakarta Utara, 25-29 September.

Sekretaris Umum PSAWI Sulsel Ismail Sellery, saat dihubungi dari Makassar, Kamis, mengatakan Amanda Salsabila pada kejuaraan asia itu akan tampil di nomor wakeboard tim. Pemanggilan atlet Sulsel di kejuaraan itu membuktikan pembinaan cabang olahraga ski air dan wakeboard Sulsel berjalan baik.

"Amanda Salsabila akan tampil bersama lima atlet lainnya dinomor tim wakeboard. Kita tentu berharap keterlibatannya di kejuaraan dunia dapat memberikan prestasi dan pengalaman lebih bagi atlet kedepan," jelas Sellery yang sengaja mendampingi Amanda selama di Jakarta.

Mengenai keterlibatan Amanda Salsabila, kata dia, hal wajar karena merupakan atlet muda potensial. Atlet Sulsel itu telah beberapa kali mengikuti pelatihan dari beberapa pelatih asing yang sempat didatangkan Pengurus Besar Persatuan Ski Air dan Wakeboard Indonesia (PB PSAWI) demi meningkatkan kualitas atlet Indonesia.

Menurut dia, selain Amanda Salsabila dari Sulsel, tim Indonesia juga akan diperkuat sejumlah atlet dari daerah lain seperti DKI Jakarta, Jawa Timur, Gorontalo, Jawa Barat, dan Sumatea Selatan.

Pada kejuaraan tersebut, sambung dia, tim ski air dan wakeboard Indonesia akan menghadapi sejumlah lawan kuat dari Asia seperti Jepang, Korea, China, Malaysia, Singapura, serta negara dari Timur Tengah termasuk Libanon.

"Meski sulit namun tetap berharap Amanda Salsabila bisa menunjukkan kemampuan terbaik. Kehadiran Amanda di kejuaraan asia ini juga penting karena akan menjadi andalan Sulsel menghadapi PON Jabar 2016," katanya.

Sementara untuk pelaksanaan Kejurnas Mattalatta Cup 2013, pihaknya mengaku terpaksa mengundur pelaksanaan dari sebelumnya dijadwal 1-3 September diundur ke November 2013.

Pengunduran waktu kejurnas dilakukan karena jadwal yang cukup padat. Pada bulan September 2013 bertepatan agenda kejuaraan internasional termasuk Asian Nautique Championship 2013.

Kejurnas ski air dan waterboard Mattalatta Cup 2013 kembali digelar setelah sempat tidak dilaksanakan selama dua tahun beruntun. Sebab bertepatan dengan agenda SEA Games 2011 serta Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII Riau 2012.

"Selain kekhawatiran kekuarangan peserta, peralatan dari PB PSAWI yang akan kita gunakan di kejurnas Piala Mattalatta 2013 tentu akan difokuskan untuk kejuaraan dunia. Makanya kita tidak memaksakan untuk menggelar kejurnas sesuai jadwal," ujarnya.  Farochah

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024